Yuk, Percantik Dapur Rumah

Dapur adalah tempat "sakral" bagi para ibu menyajikan hidangan lezat bagi seluruh anggota keluarga. Nah, untuk menyajikan makanan yang sehat, pastikan dapur Anda bebas dari bakteri dan serangga. Selain itu, mempercantik dapur bisa membuat Anda lebih kerasan lho.

Cahaya pada dapur

Dapur sering menghasilkan sampah sehingga bibit penyakit sering muncul. Oleh karena itu, dapur membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk membunuh bibit penyakit yang ada di dapur. Agar memperoleh cahaya matahari yang cukup, perhatikan jumlah dan besarnya jendela. Selain itu, tidak perlu menyalakan lampu di siang hari sehingga lebih menghemat penggunaan listrik.

Sirkulasi udara

Saat memasak, terdapat asap sebagai hasil pembuangan. Tentu tidak nyaman apabila asap tidak dapat dikeluarkan dari dapur. Miliki ventilasi udara yang baik, agar perputaran udara tetap segar. Jika Anda tidak memilikinya, gunakan cooker hood yang akan menyedot asap hasil proses memasak sehingga udara dapur tidak terancam asap.

Pemilihan warna

Warna yang ideal untuk dapur cantik Anda adalah kombinasi dari 2-3 warna. Sebaiknya gunakan warna yang memantulkan cahaya untuk memberi kesan terang dan bersih. Misalnya, Anda bisa memilih warna putih atau warna pastel yang lembut.

Penerangan

Lampu neon hemat energi dengan cahaya putih akan lebih ideal karena menimbulkan kesan dapur yang luas dan bersih. Jangan lupa untuk posisikan tombol atau stop kontak lebih tinggi dari permukaan meja agar tidak terkena cipratan air, minyak, atau bahan lain yang dapat merusak dan membahayakan.

Ukuran furniture dan proporsi pengguna

Dengan memiliki furniture yang sesuai dengan tinggi pemilik/pengguna akan lebih mudah untuk meraih suatu barang. Jadi, kecelakaan kerja seperti tertimpa barang karena tidak sampai ketika meraihnya tidak akan terjadi. Dapur juga haruslah tempat yang aman untuk Anda lho.

Tata letak

Untuk lebih memudahkan pekerjaan Anda di dapur, atur perlengkapan dapur sesuai dengan alur kerja secara berurutan. Misalnya, dari kiri ke kanan: tempat cuci piring, kompor, meja kemudian kulkas. Sehingga, Anda tidak perlu kerepotan memindahkan makanan dari meja ke kulkas karena jaraknya yang dekat.

Dapur yang bersih, nyaman dan cantik kini bukan mimpi lagi, kan? Selamat berkreativitas dengan dapur baru Anda ya. Semoga makanan-makanan lezat dan sehat tercipta di dapur ini.

Share artikel ini:

Artikel Terkait