©shutterstock

Yuk Simak Trik Sarapan Sehat di Hotel!

Makanan ala hotel memang terkenal dengan kelezatannya. Namun, jika Anda menginap di hotel dengan buffet untuk sarapan, harus pintar-pintar memilih menu ya. Jangan tergoda dengan aneka makanan lezat yang disediakan karena bisa mengganggu asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh Anda. Well, simak trik memilih sarapan sehat di hotel berikut ini yuk!

Pilih buah dan sayuran

Lauryn Muller, seorang nutritionist dan penulis di situ livestrong.com, menyarankan untuk memilih buah utuh atau salad buah segar karena keduanya punya banyak kandungan nutrisi penting. Beberapa di antaranya adalah vitamin C, folat, kalsium, dan serat. Makanan ini juga rendah lemak dan kalori sehingga tidak akan berdampak buruk bagi berat badan Anda.

Satu lagi, jangan menambahkan topping manis pada buah-buahan Anda ya, karena bisa menambah kandungan gulanya sehingga jadi tidak sehat. Untuk minuman, Anda bisa memilih jus buah. Hanya saja minumnya cukup satu gelas kecil, karena mayoritas jus di hotel selalu memilki gula tambahan yang tidak bagus untuk kesehatan. Upayakan untuk mengonsumsi 100 gram buah dan sayuran per sajian atau 300 gram per hari. Jika diibaratkan, jumlah ini setara satu buah apel, kiwi, pir dan seperempat buah semangka. Dari jumlah ini kebutuhan vitamin, serat dan beberapa mineral penting dari buah dan sayur dapat terpenuhi.

Roti dan sereal

Roti dan sereal merupakan sarapan yang tepat untuk memberikan energi di pagi hari. Pilihlah roti gandum atau oatmeal sebagai menu sarapan Anda. Kedua bahan makanan ini punya banyak sekali kandungan serat di dalamnya sehingga perut bisa kenyang lebih lama. Hindari mengonsumsi makanan manis seperti muffin dan croissant karena memiliki kandungan lemak dan gula yang berlebihan serta kurang menyehatkan. Idealnya sereal dihidangkan sebanyak 30 gram dalam sekali sajian. Dua buah roti panggang gandum dengan tambahan selai kacang dan irisan pisang cukup memenuhi kebutuhan kalori sarapan sebanyak 250-300 kalori.

Telur dan protein bebas lemak lainnya

Telur terdiri dari dua bagian. Pertama, putih telur yang bebas lemak dan kolesterol, yang kedua adalah kuning telur yang tinggi akan kolesterol. Banyak hotel menyediakan telur sebagai menu sarapan mereka. Lauryn Muller menyarankan untuk mengambil telur saja, Bu. Lewatkan daging, sosis, dan keju karena akan menambah jumlah lemak dalam tubuh. Namun jika ingin makan daging, ham bebas lemak bisa menjadi pilihan yang tepat. Telur rebus mengandung 77 kalori. Anda dapat menyajikannya 3 butir sekaligus ke dalam salad segar saat sarapan.

Selain di hotel, trik sarapan ini juga bisa lho Anda terapkan di rumah. Semoga informasinya bisa membantu ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait