©shutterstock

Yuk Tingkatkan Antioksidan Saat Liburan!

Antioksidan adalah zat dalam makanan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel-sel tubuh. Saat liburan, pastinya si kecil rentan dengan paparan polusi dan sinar matahari yang merupakan salah satu wujud radikal bebas. Agar tetap sehat saat liburan, yuk tingkatkan konsumsi makanan kaya antioksidan dengan cara berikut ini.

Perhatikan penyajian makanan
Mengonsumsi buah dan sayuran dengan penyajian yang kurang tepat dapat menyebabkan berkurangnya kandungan antioksidan di dalamnya lho. Jangan masak sayuran terlalu matang, karena dapat menghilangkan kandungan antioksidan. Selain itu, jangan memasak pada panci tembaga karena dapat mengurangi jumlah vitamin C.

Minuman kaya antioksidan
Smoothie memang minuman yang terbuat dari buah alami, namun cenderung tinggi kalori dan gula. Lebih baik, konsumsi teh hijau, cranberry, jus ceri, jus jeruk atau jus anggur tanpa gula untuk mendapatkan manfaat antioksidan.

Tambahkan bumbu rempah saat memasak
Bumbu rempah ternyata tidak hanya membuat makanan lebih lezat, tapi juga dapat meningkatkan asupan antioksidan. Kunyit adalah salah satu rempah-rempah yang tinggi antioksidan.

Camilan cerdas
Anda suka mengemil kacang saat menonton sepak bola? Camilan ini kaya akan antioksidan juga lho. Kacang brazil merupakan sumber utama selenium yang penting untuk kesehatan otak, sedangkan almond dan biji bunga matahari adalah sumber vitamin E.

Antioksidan tidak hanya bisa didapat dari buah dan sayur saja, namun juga terdapat pada rempah, kacang-kacangan dan bijian. Yuk, tingkatkan asupan antioksidan saat liburan agar tubuh semakin sehat bebas dari ancaman radikal.

Share artikel ini:

Artikel Terkait