Jangan Lewatkan Sarapan Agar Tubuh Dapatkan 3 Manfaat Ini!

Sudah sarapan pagi ini? Bagi sebagian orang, sarapan merupakan rutinitas di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Namun, tak sedikit pula yang melewatkan sarapan begitu saja dengan alasan belum merasa lapar.

Padahal, sarapan bukan hanya untuk mengisi perut karena lapar. Melainkan, memastikan bahwa tubuh mendapatkan nutrisi yang tepat untuk menjalani aktivitas padat seharian.

Selain itu, sarapan juga memiliki sejumlah manfaat baik untuk Ibu dan keluarga. Apa saja? Berikut ulasannya :

1. Memenuhi Kebutuhan Gizi

Memenuhi kebutuhan Gizi merupakan salah satu cara untuk menjaga pola hidup sehat. Caranya pun cukup mudah, Ibu dan keluarga harus sarapan dengan menu makanan sehat. Penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Lippincott Williams & Wilkins, menyebutkan bahwa sarapan memiliki peran penting untuk memenuhi asupan nutrisi tubuh, terutama bagi mereka yang masih dalam masa pertumbuhan.

Melewatkan sarapan, sama halnya dengan memaksakan tubuh beraktivitas tanpa energi yang cukup. Padahal, sarapan akan memberikan gizi bagi tubuh untuk menghasilkan energi yang sangat berguna untuk melakukan berbagai aktifitas.

2. Meningkatkan Konsentrasi

Ketika kita lapar, tidak hanya tubuh yang merasakan dampak seperti lemas, kepala pusing atau sedikit perih di perut, namun juga memiliki efek pada mental. Kelaparan juga dapat menyebabkan konsentrasi dan kewaspadaan yang menurun. Tentu ini sangat mengganggu jika Ibu memiliki banyak aktivitas di pagi hari.

Pastikan Ibu dan keluarga selalu sarapan untuk tetap fokus menjalani berbagai aktivitas di pagi hari ya!

3. Menjaga Berat Badan ideal

Menurut Christy C. Tangney, PhD, orang yang melewatkan sarapan cenderung memiliki angka BMI yang lebih besar. Juga disebutkan dalam jurnal penelitian dari The American College of Nutrition di tahun 2003 tentang jenis sarapan, asupan energi dan BMI, bahwa melewatkan sarapan dapat mendorong seseorang makan lebih banyak di waktu lainnya di sepanjang hari itu -- contohnya: makan besar di malam hari. Dengan sarapan, seseorang telah menambahkan frekuensi makan mendukung proses thermogenesis (produksi panas setelah makan) yang berperan meningkatkan laju metabolik tubuh yang akan meningkatkan pembakaran kalori. Proses thermogenesis tersebutlah yang dapat membantu penurunan BMI.

 

Jadi, mulai sekarang pastikan untuk sarapan setiap hari ya, Bu. Bukan hanya karena lapar, tapi untuk menjaga kesehatan tubuh dan memulai pola hidup sehat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait