Kampoeng Aer di Gading Serpong

Secara umum, kita mengenal dua jenis kategori untuk resto. Resto yang mengandalkan konsep hidangan lezat atau yang mengutamakan tampilan unik. Keduanya sah-sah saja; bahkan kedua konsep tersebut dapat saja dikombinasikan.

Salah satu yang mengusung konsep tampilan unik adalah Kampoeng Aer yang berlokasi sekitar 30km dari Jakarta. Apa keistimewaan Kampoeng Aer yang mengusung konsep resor seperti sebuah penginapan? Ternyata, lokasi yang lumayan jauh ini akibat luasnya area resto yang dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti kolam pancing, area bermain terbuka dan beberapa jenis tempat bersantap dalam satu lokasi; ya, mirip sebuah kampung…

Untuk ruangannya pun, kita dapat memilih mulai dari saung sampai dengan ruang VIP yang dilengkapi dengan fasilitas karaoke. Pada dasarnya, tidak diperlukan reservasi sebelumnya, namun khusus untuk ruang VIP, diperlukan reservasi sebelumnya untuk menyesuaikan ruang berdasarkan jumlah tamu.

Untuk jenis hidangan yang disajikan mulai dari masakan khas Indonesia sampai dengan makanan Asia. Hidangan bakaran dan goreng seperti gurame juga sayuran segar merupakan menu andalan yang disajikan disini. Selain itu, tersedia juga beberapa jenis pilihan kopi yang dapat dinikmati di bale kopi yang terletak digedung utama resto.

Karena lokasinya yang saling berjauhan antara ruang makan dengan dapur, sebaiknya kita memesan semua hidangan sekaligus untuk menghindari menunggu lama, apalagi jika turun hujan…beruntung kunjungan kali ini cuaca cukup bersahabat.

Tanpa menunggu lama, tahu goreng dan saus sambal dihidangkan hangat sebagai pembuka. Berisi potongan sayur wortel dan buncis, tahu goreng seakan membuka selera yang pas untuk makan hidangan berikutnya.

Ternyata semi hidangan yang dipesan muncul bersamaan diiringi nasi dan sambal mangga. Karena masih panas, sayur asam menjadi pilihan santap pertama.

Selanjutnya untuk sayuran, pilihan jatuh pada gado gado dan karedok dimana keduanya memilki rasa yang cenderung manis dan kunyit yang berlebih pada karedok. Hanya saja, ini dapat dikompensasi karena kehadiran nasi yang lagi-lagi berhasil menyajikan hidangan secara sempurna dari segi rasa.

Untuk gurame goreng, terasa netral; mungkin ini dimaksudkan agar sambal kecap sabagai  pendamping dapat mengimbangkan rasa. Ternyata benar. Hanya perlu sedikit sambal kecap dan potongan gurame goreng, hidangan jadi lebih berkesan tanpa kehadiran rasa tanah/lumpur yang khas dari gurame.

Berbeda dengan versi goreng, gurame bakar madu memiliki tekstur daging yang lembut dengan bumbu yang terasa pas. Cukup ditemani nasi putih, rasa manis gurih cepat terasa dilidah dan nikmat tentunya. Apalagi siang itu, iringan musik dari band lokal berhasil mengubah suasana mendung jadi lebih ceria dan ringan.

Ditambah pemandangan alam yang menyejukkan, citarasa hidangan jadi lebih menarik memberi nilai tambah dari kunjungan kali ini.

Nah, jika ingin berkumpul beramai-ramai bersama baik dengan keluarga ataupun perusahaan, Kampoeng Aer dapat menjadi tempat rekomendasi yang layak untuk dipertimbangkan karena tempatnya yang cukup luas dengan pemandangan alam yang tidak kalah cantik.

Selamat mencoba.

Share artikel ini:

Artikel Terkait