Kandungan Lemak Dalam Label Nutrisi

27b2cdb9f526e1eab85a994bef3e7b0a1d0b116d.jpeg

Hingga saat ini, label nutrisi masih menjadi acuan sederhana dan praktis yang bisa digunakan untuk melihat kandungan gizi suatu makanan kemasan. Bukan hanya saran penyajian yang akan Anda dapatkan saat melihat label nutrisi, tapi ada pula hal lain yang perlu diperhatikan, yaitu jenis nutrisi. Termasuk di dalamnya adalah kandungan lemak suatu makanan kemasan.

Pada bagian ini, label nutrisi akan menguraikan kandungan lemak suatu makanan. Bukan hanya lemak,  jenis karbohidrat dan jumlah protein juga turut disertakan dalam label nutrisi ini. Adapun kandungan lemak di sini akan disesuaikan dengan konversi kalori yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Biasanya, angka yang tertuang akan didasarkan pada kebutuhan acuan diet standar 2000 kalori per hari.

Biasanya kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda. Hal ini bergantung dengan jenis kelamin, usia hingga tingkat aktivitas masing-masing orang. Semakin tinggi aktivitasnya, maka semakin besar pula jumlah kalori yang dibutuhkan. Dari acuan standar tersebut, orang bisa mengetahui masing-masing kalori per sajian makanan. Dengan begitu, orang yang memakannya bisa paham takaran yang tepat dan tidak berlebihan.

Sementara itu, satuan angka untuk mendefinisikan kandungan lemak dalam label nutrisi biasa ditulis dalam gram (g) atau miligram (mg). Selain itu, ada persentase yang menjelaskan perbandingan kebutuhan lemak dalam tubuh dengan kandungan lemak yang ada dalam setiap makanan. Jika makanan tersebut terbuat dari daging, ayam atau kacang-kacangan, biasanya akan memiliki kandungan lemak lebih besar.

Yang perlu diperhatikan juga, informasi kandungan lemak ini juga dikonversikan dalam wujud natrium. Sebagai contoh, dalam sekaleng sup ayam kental mengandung 37 persen kebutuhan natrium dalam tubuh. Meski natrium sendiri merupakan sebuah mineral, tetapi yang dimaksudkan dalam label nutrisi adalah banyaknya lemak pada kemasan makanan. Dalam hal ini adalah sup ayam kental kemasan. Demikian lansiran Shereen Lehman, MS, Pakar Gizi di Academy of Nutrition and Dietetic, Amerika dalam About.com.