Kegel: Senam Untuk Semua

Kencangkan otot-otot organ intim lewat senam kegel.

 

Mungkin beberapa dari kita mengerutkan dahi usai membaca judul artikel di atas. Memang, biasanya senam kegel sangat identik dengan kaum perempuan yang sudah menikah saja. Namun, tahukah Anda kalau senam yang ditemukan oleh Dr. Arnold Kegel, seorang ginekolog dari University of Southern California ini juga bisa memberikan manfaat bagi wanita yang belum menikah, bahkan pria sekalipun.

 

Untuk wanita yang sudah menikah. Senam kegel bisa bantu menguatkan kembali otot-otot sekitar Ms. V yang mungkin mulai kendur akibat proses melahirkan dan usia. Masalah pengenduran otot-otot di sekitar vagina bisa berdampak pada tingkat kepuasan seksual pada pasangan suami istri.

 

Untuk wanita muda yang belum menikah. Termasuk orang yang beser? Senam kegel bisa jadi solusi kita mengatasi masalah ini. Beser terjadi akibat penurunan panggul yang menimbulkan tekanan panggul yang tidak nyaman dan sebabkan kebocoran urine. Rutin melakukan senam kegel bisa bantu mengatasi dan mencegah kondisi ini. Latihan ini akan memperkuat otot dasar panggul yang menyokong rahum, kandung kemih, dan usus.

 

Untuk pria. Meski latihan ini identik dengan wanita, tapi melakukan senam kegel secara rutin dan bertahap dapat mendapatkan orgasme berkali lipat dan mencegah ejakulasi dini. Dan ketiga hal ini sangat erat kaitannya dalam mempertahankan keharmonisan hubungan suami istri.

 

Ingin coba? Coba ikuti tip ini dimana atau kapan saja Anda berada:

 

1.       Di tengah proses buang air kecil, coba hentikan alirannya. Jika bisa melakukannya, berarti kita sudah tahu prinsip dasar senam kegel.

2.       Lakukan kontraksi otot panggung saat kandung kemih kosong. Bisa sambil berbaring atau duduk. Tahan kontraksi sampai lima hitungan, lalu santailah selama 5 menit. Ulangi gerakan ini hingga 4-5 kali.

3.       Fokuskan pada otot dasar panggul. Jangan gerakan perut, paha, kaki atau bokong, bernapaslah seperti biasa.

4.       Ulangi senam ini 3 kali sehari. Setiap set, lakukan hingga 10 hitungan.
 

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait