Lebih Banyak Bergerak, Lebih Nyaman

Pernah dengar komunitas “Bike to Work” atau pernahkah ikut “Car Pool” dan berjalan kaki ke kantor? Ternyata meninggalkan kenyamanan di atas kendaraan bermotor dan “memaksa” tubuh banyak bergerak justru membawa kenikmatan fisik maupun psikis.

BERSEPEDA
Senangnya Bersepeda Lagi! Inilah yang dirasakan para pesepeda ke kantor. Tentunya Anda masih ingat ketika dengan teman-teman di masa kecil naik sepeda mini atau sepeda BMX keliling kompleks. Kini, sepeda mini atau BMX mungkin sudah tak sanggup lagi menopang berat tubuh Anda. Namun, ini bukan alasan untuk tidak lagi bersepeda sambil merasakan semilir angin di sekitar perumahan, bahkan bersepeda ke kantor. Lihatlah, bentuk dan kekuatan sepeda semakin diperbarui dari tahun ke tahun mengikuti perkembangan kebutuhan konsumen.

Untuk memenuhi kebutuhan perempuan, sepeda ada yang didesain khusus dengan rangka yang lebih kecil, rem tangan yang lebih rendah untuk ukuran tangan kita yang kecil, dan tempat duduk yang lebih lebar agar nyaman bagi panggul. Semuanya dirancang secara proporsional agar sesuai dengan torso, lengan, dan kaki sehingga kita dapat mengayuh sepeda lebih cepat, lama dan nyaman.

TIP MEMILIH SEPEDA
Dengan harga 1 – 2 juta rupiah kita sudah bisa mendapatkan sepeda dengan kualitas baik. Pilihlah jenis sepeda yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan.

Road bike atau sepeda balap dicirikan oleh ban yang kurus dan stang yang melengkung ke bawah, lebih banyak roda giginya, ringan, dan dibangun untuk kecepatan. Jika Anda bercita-cita untuk bersepeda sepanjang jalan kota yang rata, sepeda ini cocok. Kekurangannya, sepeda ini tidak dirancang untuk kenyamanan. Dibutuhkan penyesuaian yang cukup lama untuk bersepeda dengan merunduk karena stangnya yang rendah. Mountain Bike atau sepeda gunung. Memiliki ban yang lebih tebal, stang rata dan rangka yang lebih berat. Sepeda ini dirancang untuk melewati jalanan tidak rata dan berbatu di jalur setapak pegunungan meski juga menyenangkan untuk dikendarai di jalanan beraspal atau di taman. Jika Anda lebih suka bersepeda melalui taman atau jalan tidak rata, maka sepeda gunung adalah pilihan yang tepat. Kekurangannya adalah, sepeda jenis ini tidak secepat sepeda balap baik saat jalan menanjak maupun menurun.

Cruiser atau Hybrid. Apakah itu cruiser, hybrid, atau comfort bike, sepeda-sepeda ini memiliki satu kesamaan: praktis. Sangat cocok untuk dikayuh berkeliling kota maupun pantai karena dirancang untuk menekankan kenyamanan daripada kecepatan. Jika Anda menginginkan sebuah sepeda yang bisa dibawa saat Anda jalan-jalan ke tempat baru, maka jenis inilah yang paling pas. Kekurangannya adalah sepeda jenis ini tidak didesain untuk jarak jauh maupun medan yang berat.

BERJALAN KAKI
Parkirlah mobil agak jauh dari lokasi kantor atau pertokoan. Lalu berjalan kakilah. Dengan berjalan kaki, kita juga jadi tidak berjarak dengan lingkungan. Banyak hal menarik yang dapat kita amati selama berjalan kaki. Lihatlah betapa asrinya taman-taman yang terawat di sekitar gedung-gedung perkantoran yang megah, warung makanan yang tengah menyiapkan hidangan lezat, atau bertemu rekan kerja yang sama-sama berjalan kaki. Semua itu menyenangkan, bukan?

Pergi ke lokasi-lokasi yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki membuat kita lebih benyak bergerak, dan hasilnya lebih sehat. Nyeri punggung hilang. Sakit kepala sirna. Tubuh pun terasa ringan.

Berjalan kaki adalah salah satu olahraga yang disarankan untuk mencegah osteoporosis, dengan frekuensi ribuan langkah per hari.

Untuk menghitungnya tidaklah sulit. Gunakan saja alat kecil yang disematkan di badan, bernama pedometer. Anggaplah pedometer sebagai sahabat berjalan yang dapat kita diandalkan.

Untuk mendapatkan hitungan langkah yang akurat, pedometer perlu di gantungkan secara vertikal pada pinggang, sejajar dengan lutut. Contohnya, pedometer disematkan di saku depan celana atau rok, di bawah ikat pinggang. Jika lingkar perut kita besar, pastikan lekuk perut kita tidak menekan pedometer keluar dari posisinya. Untuk mengurangi kelebihan berat badan, berjalanlah selama 45 menit, 5 kali seminggu. Untuk menjaga berat badan ideal, berjalan kakilah selama 30 menit, 3 kali seminggu. Tulang pun lebih terjamin kepadatannya.

TIP MEMILIH PEDOMETER
Ada 3 kriteria yang sebaiknya dipenuhi oleh pedometer kita:

  1. Fitur lengkap. Pedometer dengan model sederhana biasanya hanya mampu menghitung langkah. Sedangkan, model yang lebih canggih bisa sekaligus menyimpan data jarak kita berjalan, jumlah kalori yang terbakar, hingga menganalisis kemampuan berjalan kita.
  2. Layar. Pedometer selayaknya dapat menemani kita di luar maupun di dalam ruangan. Jadi, pastikan pedometer kita cukup terang dan bisa dilihat, termasuk ketika kita sedang berada di luar ruangan.
  3. Kenyamanan. Model pedometer sebaiknya sesuai dengan busana sehari-hari (busana kerja), dan tidak mengganggu kenyamanan beraktivitas.

Share artikel ini:

Artikel Terkait