Liburan Kacaukan Pola Makan? Atasi dengan 3 Langkah Mudah Ini

Bulan Desember memang identik dengan yang namanya liburan. Pasalnya, selain libur Natal, anak-anak sekolah pun tengah menikmati libur pergantian semester mereka.

Biasanya, diakhir Desember liburan bersama keluarga akan menjadi momen menyenangkan. Jalan-jalan ke luar kota, mengunjungi tempat wisata, hingga menjajal wahana outbond bisa dilakukan selama liburan.

Tapi, liburan tentu belum lengkap tanpa wisata kuliner, bukan? Apalagi, jika liburan keluar kota, tentu harus mencoba makanan khas setempat biar liburan terasa pas. Sayangnya, saat liburan dan wisata kuliner, kita mulai lupa untuk mengatur pola makan. Asupan makanan pun jadi tak terkontrol.

Untuk itu, agar asupan nutrisi tetap terpenuhi selama liburan, coba deh lakukan 3 langkah mudah ini.

1. Asupan Lengkap

Langkah pertama yang harus Ibu lakukan adalah memastikan bahwa apa yang dikonsumsi dapat memenuhi kebutuhan gizi tubuh mulai dari karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral yang bisa didapatkan dari makanan pokok, lauk pauk, sayuran dan buah-buahan.

2. Tak Berlebihan dan Seimbang

Seperti kata orang, segala sesuatu yang berlebihan tak baik. Begitu pula soal makanan. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini gencar mensosialisaikan Pedoman Gizi Seimbang untuk porsi makan yang tergambar dalam “Piring Makanku: Sajian Sekali Makan”.

Gambar 1. Piring Makanku : Porsi Sekali Makan

Menurut pedoman Piring Makanku yang terlihat pada Gambar 1. diatas, satu porsi makan dianjurkan memiliki 50% sayur dan buah dengan jumlah sayur yang lebih banyak daripada buah, dan 50% lainnya terdiri dari makanan pokok dan lauk pauk dengan jumlah makanan pokok lebih banyak dibadingkan lauk pauk. Disamping itu, dianjurkan pula untuk minum setiap kali makan.

Selain soal gizi, dengarkan pula tubuh Ibu. Biasakan untuk makan ketika tubuh lapar dan berhenti makan ketika kenyang.

3. Variasi Makanan

Setiap orang memang memiliki makanan favorit masing-masing. Tapi, alangkah baiknya jika Ibu membiasakan diri untuk mengonsumsi aneka jenis makanan setiap harinya.

Misalnya saat mengonsumsi buah, meski sangat menyukai apel, akan sangat baik jika Ibu juga mengonsumsi pisang atau jeruk sebagai selingan. Dengan cara ini, tubuh akan lebih mudah mendapatkan gizi  yang dibutuhkannya.

 

Nah jika Ibu dan keluarga mengisi liburan di rumah, Ibu juga bisa memanjakan lidah keluarga dengan berbagai kuliner menarik dan sehat dari Sahabat Nestlé, Salah satunya adalah Ayam Suwir Pedas ala Bali. Resep yang satu ini menawarkan cita rasa khas Bali yang unik. Bukan hanya menawarkan rasa pedas, Ayam Suwir ini juga memiliki rasa gurih dari perpaduan terasi, kencur, dan asam jawa, yang menjadi bumbu utamanya. Agar makin nikmat, Ibu bisa menyajikan Ayam Suwir Pedas ala Bali ini dengan nasi hangat untuk keluarga.

Dengan resep ini, Ibu bisa memenuhi kebutuhan protein dan karbohidrat yang diperlukan tubuh. Yuk, coba di rumah!

Share artikel ini:

Artikel Terkait