Magical Gardening

Berkebun merupakan aktivitas bersantai yang dapat mempercantik rumah, namun juga membawa banyak manfaat bagi kesehatan. Dalam Jurnal Hort Technology, penelitian membuktikan kegiatan berkebun berkaitan dengan meningkatnya  konsumsi sayuran.

Kreatif Berkebun

Ada banyak kegiatan yang bermanfaat untuk kemajuan, kesehatan, dan juga ketenangan selama kita ada kemauan untuk berkreativitas. Kemauan akan menggerakkan kita untuk melakukan sesuatu, kemudian kreativitas akan menunjukkan kita apa yang bisa kita lakukan. Ketika ada kemauan, kreatifitas pun akan terimprovisasi lebih mudah.

Berkebun adalah salah satu contohnya. Memang benar, idealnya berkebun dilakukan dalam pengertian yang lama, yaitu menanam tanaman di atas tanah di sekitar rumah. Tapi, bagaimana jika tanahnya tidak ada? Anda bisa berkebun dalam pengertian yang  baru, yaitu dengan menggunakan media tanam seperti pot, polybag,  atau media lainnya. Para ahli pertanian sudah lama mengembangkan ide-ide kreatif bagaimana menanam padi dalam pot atau media lain yang tidak membutuhkan tanah terlalu banyak.

Ternyata hasilnya jauh lebih bagus lho. Logikanya, jika tanaman pangan seperti padi saja bisa dilakukan cara-cara kreatif untuk menanamnya,  lebih-lebih lagi tanaman lain, seperti sayuran, bunga, atau tanaman obat.

Selain itu, berkebun tidak saja ekonomis, tapi ada manfaat lain yang terkait dengan kesehatan dan ketenangan hidup. Bahkan bisa terkait dengan kemajuan hidup. Dengan berkebun, Anda akan senang melakukan kegiatan fisik. Ini sangat bagus untuk kesehatan jiwa dan raga kita.

Bagi yang berprofesi dengan tuntutan yang tinggi untuk menghasilkan ide-ide kreatif dan imajinatif, berkebun menjadi aktivitas yang sangat bagus.

 

Bahkan, menurut laporan Jurnal The HortTechnology, aktivitas berkebun ternyata punya hubungan dengan meningkatnya konsumsi terhadap sayuran dan buah-buahan. Banyak manfaat yang dapat kita peroleh dengan berkebun, tidak hanya membuat rumah kita tampak rindang dan lebih sehat sirkulasi udaranya. Akan tetapi, berkebun sama saja dengan melakukan olahraga sebanyak 150 menit dalam seminggu. Banyak penelitian mengungkap bahwa aktivitas berkebun berdampak baik untuk menurunkan tingkat ketegangan yang bisa menimbulkan stress. Dengan berkebun itu juga akan mendorong orang-orang di rumah semakin dekat dengan alam.

Selain itu, berkebun juga dapat membangkitkan rasa optimisme dalam menghadapi hidup atau dalam menyelesaikan masalah. Terungkap bahwa mereka yang senang berkebun mempunyai rasa optimis yang lebih tinggi dibanding yang tidak.

Semoga bisa kita jalankan.

Share artikel ini:

Artikel Terkait