vote

Makanan Rendah Kalori Vs Berat Badan

Jika Ibu tidak menginginkan program diet yang ketat, maka Ibu tetap dapat melakukan diet dengan jalan mengontrol makanan. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan rendah kalori. Makanan rendah kalori akan mendukung diet Ibu, sehingga berat badan dapat dikontrol.

  • Rate Artikel ini

Berat badan naik secara signifikan merupakan suatu masalah yang tidak dapat diabaikan. Sebab hal tersebut dapat mengarah kepada obesitas. Jika Ibu mengalami hal tersebut, maka Ibu wajib mengubah pola makan. Selain itu, memperhatikan gizi dan asupan nustrisi pada makanan juga penting untuk dilakukan.

Jika Ibu tidak menginginkan program diet yang ketat, maka Ibu tetap dapat melakukan diet dengan jalan mengontrol makanan. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan rendah kalori. Makanan rendah kalori akan mendukung diet Ibu, sehingga berat badan dapat dikontrol. Bagi para Ibu, ini dia jenis-jenis makanan rendah kalori yang dapat memberikan rasa kenyang dengan kalori yang rendah:

  1. Beras Hitam

Mungkin jenis beras yang satu ini kedengarannya masih kurang familiar di telinga Ibu. Beberapa orang memang cukup banyak yang beralih dari jenis beras putih ke beras merah, namun masih sedikit orang yang berpindah kepada beras hitam. Padahal, menurut The U.S. Department of Health & Human Services, jenis beras yang satu ini memiliki kandungan antioksidan yang baik.

  1. Sayuran

Sayur-sayuran memang dikenal memiliki nutrisi yang positif bagi tubuh, salah satunya dipercaya dapat membakar kalori. Dikutip dari Foods That Cause You To Lose Weight: The Negative Calorie Effect, menuliskan jika satu cangkir sayur brokoli memiliki kandungan kalori sebesar 25 saja. Walaupun kalorinya rendah, tetapi sayuran tetap kaya dengan serat, dan nutrisi lainnya seperti vitamin A, vitamin C, serta asam folat.

  1. Kacang-kacangan

Ibu dapat mencicipi beberapa jenis kacang seperti kacang merah atau kacang hitam. Dalam makanan ini terdapat nutrisi berupa serat, sumber antioksidan serta karbohidrat kompleks. Ibu juga dapat mengkreasikan kacang merah menjadi sup. Menurut Barbara Rolls yang merupakan penulis dari buku The Ultimate Volumetrics Diet, sup memiliki kandungan air sehingga akan dapat membuat perut merasa penuh dengan kandungan kalori yang sedikit.

  1. Yoghurt

Dikutip dari BBC, Tim peneliti dari Harvard mengamati pola makan 120.000 orang dengan kurun waktu 20 tahun serta menemukan bahwa yoghurt termasuk makanan yang dapat mencegah kenaikan berat badan. Selain itu, Ibu juga dapat mencoba produk susu rendah lemak guna menjaga berat badan agar ideal. Ibu juga perlu memerhatikan juga kandungan gula dalam yoghurt agar tidak salah memilih produk untuk dikonsumsi.

  1. Ikan Tuna

Jenis ikan yang satu ini sangat populer di kalangan orang-orang yang hendak menaikkan massa otot. Sedangkan, untuk orang yang menjalani program diet, konsumsi tuna dikenal sangat membantu. Ikan ini memiliki kandungan lemak dan kalori yang sedikit di dalamnya tetapi mengandung protein yang cukup besar. Yang harus Ibu perhatikan, konsumsi ikan tuna dengan olahan yang tepat karena ada beberapa jenis olahan yang dapat membuatnya tidak bersifat rendah kalori. Untuk porsinya, Ibu dapat mengonsumsi ikan tuna sewajarnya dan jangan terlalu banyak ya, Bu. Ibu dapat menyeimbangkan asupan protein dari sumber lainnya.

Dilansir dari Mayoclinic, dengan memilih makanan rendah kalori, Ibu dapat merasakan kenyang dengan lebih mudah. Sebagai langkah terakhir, Usahakan untuk tetap mengombinasikan makanan diatas dengan diet seimbang ya, Bu. Jangan lupa untuk tetap mengatur porsi serta waktu makan Ibu agar segala kebutuhan nutrisi Ibu tetap seimbang. 

Artikel Terkait

Terbaru