10 Manfaat Lebih Sarapan Sereal Nestlé

Makan pagilah seperti raja, makan siang bak pekerja dan makan malam bersahaja saja. Ini adalah anjuran dan perumpamaan yang sering disampaikan oleh orang bijak. Demikian pentingnya sarapan, baik ditinjau dari segi kesehatan fisik maupun psikologi. Pastikan Anda untuk selalu sarapan agar kinerja tetap terjaga.

Sarapan adalah waktu makan yang paling penting dibandingkan dengan waktu makan lainnya, karena itu haruslah disiapkan dengan baik. Sayangnya, waktu mempersiapkan sarapan sangat terbatas, sehingga seringkali menu sarapan adalah "menu yang itu itu" saja.  Sarapan sereal Nestlé adalah salah satu alternatif yang bisa diberikan.  Rasanya yang lezat, mudah divariasikan, bergizi tinggi dan mudah disiapkan.  "Anak suka, ibu percaya" adalah kata-kata yang tepat menggambarkan produk ini.

Berikut adalah berbagai manfaat sarapan sereal ;  

10 Manfaat Sarapan Sereal

  1. Memenuhi Kecukupan Asupan Gizi
    Sarapan ibarat mengisi bensin bagi mobil. Ia akan memberikan tenaga, sumber gizi yang akan dipakai untuk beraktifitas. Sekurangnya 25% dari kebutuhan gizi akan didapat saat sarapan. Dengan mengabaikan sarapan, energi dan asupan gizi esensial yang mestinya didapat saat sarapan akan sulit digantikan pada makan siang dan makan malam. 
  2. Asupan Vitamin dan Mineral lebih baik
    Riset membuktikan anak yang sarapan dengan sereal , asupan vitaminnya lebih baik dibanding anak yang tidak sarapan.  Evaluasi terhadap 5.000 anak sekolah di Prancis menunjukkan bahwa anak yang teratur sarapan makan sereal, asupan kalsiumnya lebih tinggi.
  3. Lebih Sehat
    Sarapan sereal diformulasikan khusus untuk membantu  memenuhi asupan gizi. Konsumsi sarapan sereal dengan susu menambah nilai gizi dan lebih disukai anak.  Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Smith dan Rees, 2002; sarapan dapat mengurangi  kejadian dan tingkat keparahan infeksi saluran nafas atas (batuk dan pilek). 
  4. Aktifitas Fisik dan Produktifitas lebih Optimal
    Terpenuhinya kecukupan energi  oleh sarapan, membuat  tenaga fisik dan otak untuk aktifitas berjalan lancar dan berproduktitas optimal.    
  5. Meningkatkan Daya Ingat dan Prestasi
    Berbagai penelitian menunjukkan sarapan dapat memperbaiki konsentrasi  sehingga dapat meningkatkan daya ingat khususnya short term memory.  Pada anak, pemberian sarapan terbukti dapat  meningkatkan  kelancaran berbicara/bercerita dan nilai pelajaran matematika lebih tinggi .  Disamping itu, sarapan juga meningkatkan kecepatan merespon dan ketelitian bekerja.
  6. Memberi Mood yang Baik
    Sarapan rutin sereal  juga mengurangi tingkat depresi  dan meningkatkan positif mood (Smith, clark, Gallagehre, 1999).
  7. Mengurangi Stress
    Menurut Smith 2002, sarapan sereal dengan teratur dapat mengurangi produksi kortisol.  Kortisol dikatakan sebagai “the stress hormone” karena selalu di sekresi berlebih saat tubuh mengalami stress.   Orang yang mengonsumsi sarapan sereal setiap hari lebih rendah emosional stressnya  dan ketahanan terhadap strees lebih baik dibandingkan lainnya.
  8. Membentuk Pola Makan yang Baik
    Secara fisiologis, kita dianjurkan untuk makan 3 kali sehari dengan 2 kali makan selingan diantaranya (jam 10.00 dan jam 15.00).  Ini sesuai dengan irama tubuh kita dimana setiap 2-3 jam gula darah akan mengalami penurunan.  Tubuh akan memberi  tanda rasa lapar yang menunjukkan waktunya untuk mendapatkan asupan energi.  Pemberian sarapan  yang rutin akan membentuk pola makan yang baik
  9. Mencegah rakus
    Jika tidak sarapan, maka gula darah ditubuh sangat rendah.  Ini akan menimbulkan rasa lapar dan keinginan untuk makan.   Orang yang mengabaikan sarapan biasanya akan lebih rakus saat makan siang dan  memiliki rata-rata BMI (Body Mass Index) lebih tinggi dibanding orang yang senatiasa  sarapan.  Tambahan lagi, orang yang terbiasa sarapan dengan sereal , BMI nya lebih rendah dibanding orang yang biasa sarapan tinggi lemak. 
  10. Menciptakan Kebersamaan keluarga
    Di kota kota besar dimana kemacetan lalu lintas sering terjadi,  makan siang dan malam bersama keluarga adalah suatu hal yang langka dilakukan setiap hari.  Sarapan bersama disaat semua anggota keluarga belum pergi beraktifitas adalah hal yang paling mungkin untuk dilakukan. Karenanya buatlah  sarapan untuk  menciptakan kebersamaan dan kehangatan keluarga.

Share artikel ini:

Artikel Terkait