Manfaat Membersihkan dan Berbenah Rumah

Cukup gerak adalah salah satu syarat penting bagi setiap orang agar tetap bugar. Ketika kesibukan membuat orang serba tergesa-gesa, tak lagi tersedia waktu untuk sekadar bergerak badan. Sebagian orang memilih untuk menjadi anggota pusat kebugaran, yang memerlukan waktu dan anggaran khusus. Oleh karena itu, membersihkan dan berbenah rumah memberi nilai manfaat kebugaran selain berhemat secara ekonomi.

KALAU saja setiap ibu dan bapak bergotong-royong memilih melakukan pekerjaan domestik sendiri, alangkah menguntungkannya. Walaupun tidak mungkin dilakukan penuh bila bapak dan ibu bekerja diluar rumah. Namun, pilihan melakukan sendiri pekerjaan domestiknya, akan memberikan keuntungan dan manfaat ganda bagi dirinya sendiri. Keuntungan dan manfaat apakah itu?

Gerakan tubuh serba alami
Dengan melakukan pekerjaan rumah tangga, seperti menyapu, mengepel lantai, mencuci baju, menyeterika, mencuci piring dan memasak, merupakan pola gerak tubuh yang alami. Selama itu dilakukan dengan posisi dan postur tubuh yang mengikuti kaidah ergonomics dan sudah tentu menyehatkan.

Sekurang-kurangnya sekujur otot-otot tubuh, khususnya otot-otot anggota gerak tubuh, senantiasa aktif selama melakukan kegiatan domestik apa pun. Bukan hanya otot-otot besar saja, melainkan juga ratusan otot-otot kecil tubuh yang biasanya tidak diaktifkan jika pekerjaan sehari-hari hanya duduk saja – menjadi aktif seluruhnya.

Dengan membiasakan seluruh otot-otot aktif setiap saat, akan memperkecil kemungkinan otot yang terkilir.

Otot-otot tubuh yang aktif membantu pipa pembuluh darah memompakan darah lebih lancar. Termasuk darah balik dari tubuh menuju jantung. Alhasil, derasnya aliran darah tubuh memungkinkan darah tiba sampai ke bagian ujung-ujung tubuh dan mencapai permukaan kulit tubuh. Bukan saja kulit tampak lebih merah cerah. Selain itu, darah putih dalam aliran darah yang menjaga tubuh dari serangan bibit penyakit juga menjadi lebih siaga. Sehingga orang jarang atau lebih sukar terinfeksi penyakit.

Mencegah kegemukan
Selain itu semua, melakukan aktivitas fisik rutin setiap hari membuat hormon tubuh jadi seimbang, dan fungsi organ tubuh lancar. Jantung lebih kuat memompa darah, paru-paru lebih mengembang, otot lebih lentur, dan selain itu keseimbangan tubuh pun terjaga.

Kalau pekerjaan di rumah tangga dapat dilakukan sendiri, dan waktunya tersedia, demi bugar mengapa harus spesial memilih pergi ke pusat kebugaran. Dengan rutin melakukan pekerjaan domestik bukan saja akan membuang lebih banyak kalori namun manfaat dari senam aerobik dapat tercapai pula.

Sekadar menyeterika pakaian saja menghabiskan sejumlah kalori ketimbang hanya duduk. Sekecil apa pun aktivitas fisik tentu membuang kalori. Makin berat bobot aktivitas fisiknya, makin besar jumlah kalori yang terbakar. Selain itu porsi makan berlebih, akan terbuang bila rutin melakukan pekerjaan domestik di rumah.

Cantik dari dalam
Sudah disebut bahwa dengan fisik yang senantiasa aktif, aliran darah lebih deras, dan kulit lebih lembab, segar, dan memancarkan cahaya kemerahan karena darah mencapai lapisan paling permukaan. Sebaliknya bila fisik kurang aktif, kulit sepi dari aliran darah, wajah tampak pasi.

Bagi pekerja karier, hendaknya pintar mengatur waktu untuk bergerak, demi mengejar kesehatan yang sekarang makin mahal. Kalau bisa bugar dengan cara lebih hemat, mengapa memilih cara hidup lain yang terbukti tidak menjadikan tubuh bertambah bugar?

Share artikel ini:

Artikel Terkait