Manfaat Susu untuk Kesehatan Kulit

Banyak cara, tak sedikit upaya manusia untuk menyehatkan kulit. Bukan baru hari ini, sejak zaman purbakala bagaimana mendapatkan kulit yang sehat sudah dicari caranya. Susu salah satu bahan yang banyak disebut mampu membantu menyehatkan kulit juga. Seberapa besar peran susu dalam menyehatkan kulit?

Konon Cleopatra pun memanfaatkan susu dan madu untuk mendapatkan kulit yang indah. Soal mandi susu bukan hanya ada dalam lagu, sudah banyak catatan purba yang mengabadikan bahwa susu dipakai untuk mendapatkan kulit yang sehat.

 

Kulit yang sehat

Kulit kita bagian dari kesehatan tubuh seutuhnya. Lebih dari itu, kulit menjadi cermin sosok kesehatan. Tubuh yang letih, dan terkesan lebih tua dari usia, terpantul dari kulit. Demikian pula bila tubuh sedang tidak sehat, termasuk bila kekurangan vitamin dan mineral, maka akan terlihat pada kulit kita.

Tak cukup hanya dari luar, kulit yang sehat terlebih harus memancar dari dalam. Hanya apabila tubuh seutuhnya sehat, kulit juga akan sehat. Kulit yang sehat tampak cerah berkilau. Begitu juga sebaliknya, kurang tidur, kekurangan asupan cairan tubuh, dapat menjadikan kulit kehilangan cahaya.

Selain asupan makanan dan minuman memadai porsi maupun keanekaragamannya, kulit tampak cemerlang perlu dirawat juga. Seberapa lengkap darah memberikan kulit makanan, dan seberapa kerap kulit dilakukan perawatan, menentukan kulit akan seindah apa.

Tentu paparan matahari terik pada kulit perlu dihindari. Sementara cahaya ultraviolet sebelum pukul 10.00 diperlukan kalau menginginkan kulit yang elok. Semua itu yang akan menjadikan kulit cukup lembab selain bersih.

 

Makanan bagi kulit

Seperti organ tubuh lain, kulit juga butuh kecukupan makanan. Apa yang berasal dari meja makan harian kita, begitu pula yang akan kulit terima. Vitamin A (asam), D, dan E yang banyak diminta oleh kulit, selain mineral Zinc. Rutin minum susu memenuhi kecukupan itu. Asam amino yang dikandung susu tentu ikut membangun kelenturan kulit.

Tak cukup hanya mengkonsumsi semua nutrisi menyehatkan, percuma kalau darah tidak mengirimkannya sampai ke permukaan kulit. Hanya apabila darah cukup deras bisa tiba sampai ke permukaan kulit, kulit memetik manfaat apa yang kita konsumsi. Termasuk dari minum susu.

 

Perawatan kulit

Kulit juga perlu dirawat dari luar. Sifat dan kandungan susu menunjang untuk lengkapnya perawatan kulit. Kita melihat peran sebagai antioksidan, pelembab, dan pelembut sudah dimiliki susu. Begitu pula sebagai pelepas kulit mati (exfoliating) oleh asam laktat yang dikandungnya. Lebih dari itu, efek meremajakan kulit bisa diharapkan dari memanfaatkan susu sebagai lotion, shower gel, body cream, atau foaming bath.

Share artikel ini:

Artikel Terkait