Memanjakan Mata dan Lidah di Café de Daunan

Makan di restoran itu biasa. Tapi makan di restoran dikelilingi rindang pepohonan, kicau burung dan udara sejuk, itu kesempatan langka. Dan semua ‘kelangkaan’ itulah yang ditawarkan Café de Daunan. Terletak di dalam area Kebun Raya Bogor, bersantap di kafe ini memang memberi sensasi yang tak biasa.

Untuk mencapai kafe ini, Anda bisa masuk dari pintu utama Kebun Raya yang terletak berseberangan dengan Pasar Bogor. Bila Anda datang sebelum pukul 16.30, dikenai biaya masuk sebesar Rp. 9.500,- per orang dan Rp. 15.500,- per mobil. Sedangkan bila Anda datang setelah pukul 16.30, Anda bisa masuk dari pintu dua yang terletak di depan mal Internusa tanpa dikenakan biaya.

Dibuka sebagai pelengkap fasilitas di Kebun Raya, cafe ini tampaknya didesain agar alam sekitar dapat dinikmati secara leluasa. Bangunan dirancang terbuka dengan langit-langit tinggi, dengan ‘dinding’ hanya berupa pagar sebatas pinggang membuat kehijauan lanskap Kebun Raya hanya selemparan tangan dari tempat Anda bersantap. Nuansa alam di resto berkapasitas 200-250 orang ini diperkental dengan penggunaan meja dan kursi kayu serta lantai dari batu alam. Beberapa makanan dihidangkan di gubug-gubug sekitar restoran, menambah kuat kesan alami di tempat ini.

Café de Daunan menyajikan jenis hidangan yang amat beragam untuk menemani Anda menikmati alam, dari hidangan Eropa, Oriental, hingga Indonesia. Sebagai hidangan pembuka, Chef Salad wajib dicoba. Daun selada, tomat, telur rebus, smoked beef, dan sliced chicken dimbuhi Italian dressing yang amat segar yang terbuat dari campuran dari buah-buahan yang dicacah halus, bawang putih, dan olive oil. Rasa segarnya dijamin membuat selera makan membuncah! Pilihan hidangan pembuka lain yang lain adalah Shrimp Cocktail, Mixed Fruit Salad, Lumpia dan Calamari. Harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau, berkisar Rp. 20.000,- hingga Rp. 25.000,-.

Bagi sebagian besar pengunjung kafe ini, rupanya hidangan lokal dianggap sebagai teman paling pas untuk menikmati keindahan alam di negeri sendiri. Maka yang menjadi favorit di tempat ini adalah berbagai jenis hidangan nasi seperti Nasi Ulam, Nasi Langi, Nasi Bali, hingga Rijsttafel yang dijual dengan harga Rp 46.000,. Jika ingin merasakan berbagai jenis lauk sekaligus, Rijsttafel di kafe ini cocok dijadikan pilihan. Dihidangkan dengan urap, ayam goreng, empal goreng, sambel terasi, kentang kacang manis, balado tempe, timun dan wortel acar kuning, telur pindang dengan sambel manis, dan kerupuk, porsinya yang besar cukup untuk dinikmati berdua.

Jika nasi bukan pilihan Anda, tak perlu khawatir ada berbagai jenis hidangan lain di kafe ini. Mulai dari masakan Eropa seperti beragam sup dan Spaghetti, masakan Oriental seperti Udang Goreng Mentega, Beef Teriyaki, dan Hainan Chicken, hingga masakan favorit dari negeri sendiri seperti Sate Ayam, Sate Kambing, dan Sup Buntut. Tersedia pula berbagai jenis steak ala Café de Daunan seperti Grilled Chicken, Fish Steak, Mix Grilled, hingga Sirloin Steak dan Tenderloin Steak. Harganya pun masih masuk akal, Rp. 36.000,- untuk Grilled Chicken dan yang termahal Rp. 90.000,- untuk Tenderloin Steak yang menggunakan daging import dari Australia.

Saat ini Café de Daunan juga menampilkan menu-menu baru yang lebih variatif. Ada Gurame Goreng Rica-rica, Pecak Gurame Bakar, Tom Yam Buntut, Gapraw ala Thai, hingga Ayam cah Kangkung.

Jika Anda datang di sore hari, nikmatilah kesejukan udara Bogor sambil menyantap hidangan penutup dan berbagai minuman di kafe ini. Salah satu hidangan penutup favorit adalah Poffertjes. Tekstur bagian dalam yang amat lembut dan ringan berpadu pas dengan taburan gula halus dan meises coklat yang ditaburkan di atasnya. Selain Poffertjes, ada juga Pisang Goreng, Casata, dan Pancake dengan harga super murah, hanya Rp. 15.000,- hingga Rp. 20.000,-.

Sebagai teman menikmati makanan kecil, Anda bisa menikmati teh hangat atau Vietnamese Milk Coffee yang disuplai oleh Bengawan Solo Kopi. Atau jika Anda lebih memilih yang segar-segar, tersedia berbagai jus sehat yang merupakan campuran dari beberapa jenis buah dan diberi nama-nama cantik seperti Flamenggo Sky, Bella Nautical, dan Flower Light. Yang kami rekomendasikan untuk dicoba, Dedaunan Punch. Campuran strawberry, pisang, dan es krim vanila menghasilkan minuman dengan cita rasa segar, pas untuk menghilangkan rasa haus usai berjalan-jalan di sekitar Kebun Raya.

Café de Daunan
Jl. IR. H Juanda No.13 Bogor 16122
Tel/fax:0251 – 3850023/3850269
Jam buka : 10.00 – 22.00,
Weekend hingga pukul 23.00

Share artikel ini:

Artikel Terkait