Membuat Scrapbook Memory Bersama Ibu

Seiring perkembangan anak, banyak momen-momen yang Ibu jalani bersama si kecil. Mulai dari peristiwa yang membahagiakan seperti liburan bersama sampai saat-saat yang mengharukan misalnya ketika si kecil mempersiapkan acara saat Ibu berulang tahun.

Untuk mengenangnya, ajak anak membuat buku kenangan bersama yang mengingatkan anak akan hal-hal yang pernah dilaluinya. Misalnya, bila berpergian ke pantai anak bisa menemukan kulit Kerang, atau bebatuan pantai yang beraneka warna. Benda-benda itu seringkali diambil anak dan dibawa pulang. Jangan buang benda-benda tersebut, namun kumpulkanlah dan buatlah scrapbook (jurnal).

Melalui jurnal anak ini, ikatan antara Ibu dan si kecil akan semakin erat. Selain itu, dapat membantu anak mengingat apa saja yang sudah dilakukan, belajar mengenal lingkungan dan mengasah motorik halusnya.

Berikut cara membuat scrapbook yang dapat Anda contek.
Alat dan Bahan :

  • Buku Gambar
  • Lem
  • Gunting
  • Spidol
  • Kertas warna bergambar

Cara Membuat :
  1. Kumpulkan benda-benda yang diambil anak Anda ketika berpergian ke pantai, kebun atau tempat wisata lainnya.
  2. Ambillah buku gambar yang cukup besar (A3) atau buku yang cukup kuat dalam menahan berat benda, seperti kulit, Kerang, daun dan sebagainya
  3. Ajak anak untuk menempelkan benda-benda tersebut pada buku. Ceritakan padanya apa itu Kerang, daun atau benda lainnya. Bila perlu tulislah keterangan tentang benda-benda itu sebagai bahan pengetahuan anak.
  4. Gunakan pensil warna untuk menuliskan cerita agar terlihat lebih menarik.
  5. Bebaskan anak menuangkan kreativitasnya dalam buku tersebut.

Buku ini dapat disimpan dan digunakan lagi jika anak mendapatkan benda-benda baru ketika berpergian. Serta digunakan kembali saat anak menanyakan sesuatu mengenai tempat yang pernah dikunjunginya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait