Mengajarkan Kreativitas dengan Permainan Memasak

Sebagai tahap tumbuh kembangnya, si Kecil perlu sering bermain untuk mengasah kreativitas. Permainan yang si Kecil lakukan bisa menjadi sarana belajar dan mengenal hal-hal baru. Tak hanya mempengaruhi perkembangan fisik dan emosionalnya, dengan bermain si Kecil juga dapat mengembangkan kemampuan kognitifnya.

Si Kecil butuh rangsangan untuk otaknya dengan stimulasi agar dapat bertumbuh kembang dengan baik dan cerdas. Salah satu stimulasi kreatif yang bisa diterapkan pada si Kecil adalah dengan permainan yang biasa dilakukan oleh anak perempuan, yaitu permainan memasak. Permainan memasak dapat melatih daya imajinasi dan kreativitas si Kecil, karena ia dapat berpura-pura menciptakan menu masakan yang  disukainya, seperti yang Ibu biasa lakukan di dapur. Saat membantu si Kecil menyiapkan peralatan masak untuk permainan, pastikan peralatan yang digunakan tidak berbahaya, ibu bisa gunakan panci dan piring plastik. Yang penting, Ibu bisa menciptakan suasana seakan-akan si Kecil benar-benar tengah memasak.

Dengan perempuan memasak, si Kecil menstimulasi otaknya agar lebih kreatif. Ia juga nantinya akan lebih semangat untuk membantu Ibunya memasak di dapur ketika sudah lebih besar. Ibu bisa mengajarkannya cara-cara mudah beraktifitas di dapur, seperti bagaimana cara mengaduk adonan atau atau mengocok telur.

Share artikel ini:

Artikel Terkait