Olahraga jauhkan stress

Berolahraga tidak hanya menyehatkan, melainkan juga menciptakan suasana hati yang positif. Tidak heran, karena mood akan jadi lebih baik setelah melakukan olahraga yang dianggap menyenangkan.

Erikar Lebang, praktisi yoga dan pengajar di Jakarta Do Yoga, menjelaskan fenomena tersebut, "Dunia medis telah lama menemukan bahwa suasana hati juga dipengaruhi oleh proses biokimiawi yang terjadi di dalam tubuh. Ini berkaitan dengan kerja sistem saraf yang mengatur keseimbangan zat pengantarnya, seperti serotonin, neropinephrine, dan dopamin dalam otak. Ketika kita sedang tertekan, kinerja ketiga hormon ini akan ikut terganggu.”

Sementara itu, "Riset membuktikan, orang yang melakukan latihan yoga tradisi lyengar secara teratur dapat mengalami penurunan tingkat depresi secara signifikan. Ini berkaitan dengan meningkatnya level serotonin dalam tubuh kita," kata penulis buku Yoga Sehari-hari Untuk Kesehatan ini. Artinya, berolahraga dapat menjadi salah satu solusi untuk menyehatkan, mengendalikan mood, dan menjauhkan stres.

TIGA BENEFIT

Diluar keseimbangan biokimia, rajin berolahraga akan member pengaruh positif, antara lain:

  1. Berolahraga secara teratur membuat kapasitas paru-paru menjadi optimal dan pasokan oksigen ke seluruh tubuh terjaga. Asal tahu saja, kekurangan oksigen, cenderung membuat emosi gampang meledak.
  2. Gerak badan secara teratur membuat aliran darah mengalir dalam kecepatan konstan. Sebaliknya, tubuh yang jarang bergerak menyebabkan aliran darah terhambat. Saat menghadapi masalah, kita mudah frustasi dan diliputi stres.
  3. Jarang berolahraga yang ditambah dengan pola makan buruk dapat membuat tubuh sulit membuang sisa-sisa metabolism. Tak heran bila kita jadi mudah pusing tanpa alasan jelas, mudah marah, dan tidak sabaran.
Karenanya, lakukan olahraga secara teratur dan seimbang. Apabila kita merasa sehat, otomatis mood bergerak positif dan stres pun menjauh. Jadi, tak perlu menunggu lagi. Segeralah berolahraga!

Share artikel ini:

Artikel Terkait