Olahraga Yang Membuat Bahagia

Banyak orang "cuti" berolahraga saat mood-nya sedang tak baik. Padahal, olahraga dapat mengubah mood negatif menjadi positif hingga meningkatkan kebahagiaan. Nah, jenis olahraga apa yang efektif meningkatkan mood agar kita selalu berenergi menjalani hari.

Kunci keberhasilan olahraga untuk meningkatkan mood terletak pada pilihan jenis olahraga yang tepat. Ada olahraga yang sifatnya menenangkan, ada juga yang membakar semangat. Nah, pilihlah jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi emosi kita:

Saat Sedang Marah
Pilih olahraga yang bisa menenangkan dan mengarahkan pikiran untuk merenung, apa yang sebenarnya membuat Anda marah, misalnya yoga. Yoga membuat tubuh menjadi lebih fleksibel serta kuat. Olahraga aerobik yang diiringi musik pun dapat membantu Anda membebaskan pikiran dari hal yang membuat jengkel. Sama halnya dengan berenang. Berada di dalam air membuat tubuh kita terasa lebih ringan. Biru dan sejuknya air pun membuat pikiran tenang. Olahraga aerobik membuat jantung ikut berolahraga dan membakar kalori lebih banyak. Sebaliknya, jenis olahraga agresif seperti kickboxing atau muaythai tidak akan meredakan amarah, tetapi justru meluapkan dan melampiaskan amarah.

Saat Sedang Sedih
Beberapa studi telah menunjukkan, olahraga ringan bisa memperbaiki mood. Jadi, bila tak ingin melakukan aktivitas yang butuh banyak energi, lakukan berbagai hal yang bisa Anda nikmati, mulai dari berkebun atau sekadar berjalan-jalan. Anggap ini sebagai rekreasi untuk mental, bukan berolahraga. Saat Sedang Bosan

Berada di tengah orang banyak bisa menjadi cara yang paling cepat dan mudah untuk mengatasi kebosanan. Demikian juga dengan berolahraga. Cobalah bermain tenis atau golf. Atau, bergabunglah dengan kelompok orang yang gemar berjalan atau bersepeda.

Menikmati udara di luar bersama orang lain akan menyegarkan pikiran.

Saat Stres Melanda
Saat otak terasa penat dan diliputi kecemasan, Anda perlu lakukan aktivitas yang tak banyak berpikir. Sesuatu yang dilakukan berulang seperti berenang, berjalan di atas treadmill tidak banyak menyibukkan otak, sehingga bisa sangat efektif dalam mengurangi stres dan meningkatkan ketenangan.

Saat Sedang Bahagia
Suasana hati yang sedang riang pun bisa mengganggu acara latihan, seperti halnya kala kita sedang sedih. Terutama, jika selama ini Anda merasa jadwal olahraga yang dijalani mulai monoton. Manfaatkan suasana hati yang sedang riang ini dengan menantang diri Anda sendiri. Cobalah berlari lebih jauh atau lakukan satu set tambahan saat latihan beban.

Share artikel ini:

Artikel Terkait