Olahraga Ringan untuk Melangsingkan Badan Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan, tubuh masih dalam proses pemulihan sehingga lemah dan sebaiknya tidak melakukan olahraga yang berat. Namun bukan berarti sama sekali tidak boleh bergerak dan beraktifitas. Yang penting, konsultasikan dulu ke dokter mengenai kapan waktu yang tepat untuk memulai olahraga kembali setelah melahirkan dan jenis olahraga apa yang aman. Berikut adalah beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan setelah melahirkan:

Yoga

Cara melangsingkan badan setelah melahirkan yang ringan adalah dengan melakukan yoga. Gerakan yoga tidak menggunakan banyak energi, melainkan lebih fokus pada pernapasan. Ini baik untuk Ibu agar lebih rileks setelah melahirkan.

Berenang

Berenang merupakan cara melangsingkan badan setelah melahirkan yang aman dan cepat. Saat berenang, semua anggota tubuh bergerak sehingga lemak-lemak pun cepat terkikis. Yang penting adalah tidak terlalu memforsir tubuh untuk melakukannya. 20 menit berenang, dua kali seminggu cukup untuk membuat badan cepat langsing kembali setelah melahirkan.

Jalan Kaki

Cara melangsingkan badan setelah melahirkan yang aman lainnya adalah dengan berjalan kaki. Jalan kaki bisa dilakukan seminggu setelah melahirkan, namun dengan jarak yang singkat, misalnya berjalan kaki di sekeliling rumah. Saat sudah lebih sehat dan kuat, bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar kompleks rumah selama 30-40 menit.

Sit up

Ingin menghilangkan lemak yang membandel di perut setelah melahirkan, maka lakukan sit up. Mudah dilakukan, juga efektif untuk menguatkan otot perut dan menghilangkan lemak-lemaknya. Lakukan 2 set setiap hari, saat bangun tidur dan sebelum tidur agar perut kembali langsing setelah melahirkan.

Bersepeda

Sebelum melakukan olahraga ini, pastikan semua luka pasca melahirkan telah kering. Bersepeda selama 30 menit sehari sangat efektif untuk membuat otot-otot tubuh bekerja dan melangsingkan tubuh dengan cepat.

Senam Aerobik

Setelah hamil 9 bulan dan melahirkan, pasti banyak otot-otot tubuh yang kendor. Lakukan senam aerobik dua kali seminggu agar otot-otot tersebut kembali kencang. Tentunya, konsultasikan dulu ke dokter kapan waktu yang aman bagi Ibu untuk melakukan senam aerobik setelah melahirkan.

Jogging

Bila tubuh sudah lebih kuat, jogging bisa jadi cara melangsingkan badan setelah melahirkan yang cepat. Cukup dengan 30 menit jogging setiap hari bisa membakar kalori dan lemak yang ada di tubuh sehingga cepat kembali langsing.

Share artikel ini:

Artikel Terkait