vote

Asyiknya Bermain Layang-layang

Mau mencari agenda liburan yang seru, menghibur, dan sehat?

  • Rate Artikel ini

Mau mencari agenda liburan yang seru, menghibur, dan sehat? Tidak usah repot-repot, apalagi mencarinya di tempat yang jauh.

 

Mengajak anak untuk bermain layang-layang dapat dijadikan pilihan. Jika si Kecil menyetujuinya, permainan ini tidak hanya akan menjadi hiburan yang menyenangkan.

 

Bermain layang-layang juga akan menjadi bagian dari olahraga yang sangat bagus selama lokasinya mendukung. Bahkan tidak hanya itu. Bermain layang-layang juga akan memberikan pengalaman langsung. Anak kita tentu selama ini sudah biasa menyanyikan atau mendengar lagu “Bermain Layang-layang”.

 

Dengan mengajaknya untuk langsung merasakan, ini tentu akan membuat dia mengetahui sesuatu berdasarkan pengalamannya.

 

Kalau dilihat dari sisi pendidikan life skill (kecakapan hidup), jenis permainan ini akan mengajarkan banyak hal.

 

Pertama, permainan ini akan mengajarkan mereka mengenai kesabaran, kegigihan, kecermatan, dan kerjasama. Kalau kita punya rencana untuk membuat layang–layang sendiri. Mengenai bagaimana cara membuatnya dan model-modelnya seperti apa, ini dapat kita lihat langsung dari contoh atau lihat dari referensi di internet.

 

Bila kita memilih untuk membeli, setidak-tidaknya kita perlu menjelaskan ke anak mengenai bahan-bahan pembuatan dan bagaimana membuatnya untuk menambah pengetahuan

 

Kedua, bermain layang-layang juga akan mengajarkan bagaimana proses menerbangkan layang-layang itu. Untuk anak-anak, ini adalah bentuk latihan yang bagus bagaimana melihat situasi, bagaimana berlatih kegigihan, dan kepintaran.

 

Jika permainan itu dibikin sebagai sebuah acara, yang berarti melibatkan anak lain secara berkelompok, ini malah akan lebih bagus lagi. Anak-anak kita akan berlatih ber- bekerjasama dan berkompetisi (saling menunjukkan kebolehan).

 

Menyediakan wahana untuk berkompetisi termasuk salah satu cara untuk mendorong anak-anak agar berprestasi. Tentu, kompetisinya harus kompetisi yang sehat. Demikian juga ketika kita berhasil menyediakan wahana untuk saling bekerjasama.

 

Bermain layang-layang secara online (games) memang mengandung juga aspek seru, mendorong jiwa berkompetisi, latihan kesabaran, dan melatih kecerdasan.

 

Hanya,  dari sisi kesehatan fisik dan kebugaran otak, ini masih kalah jauh jika dibanding dengan praktek langsung.

 

Di samping itu, jika dikaitkan dengan pembentukan konsep-diri positif, bermain secara online kurang memberi dampak yang signifikan terhadap terbentuknya konsep diri itu.

 

Karena itu, jika waktu, tenaga, dan keadaan mendukung, apa salahnya kita mencoba yang baru? Selamat mempraktekkan!