Pentingnya Meregangkan Otot Setiap Hari

Kesibukan yang padat kadang membuat otot-otot tubuh sering tegang. Terlebih jika kurang olahraga, maka tubuh seolah pegal dan capek secara keseluruhan. Maka dari itu, Anda perlu meluangkan sedikit waktu untuk latihan peregangan agar otot Anda lebih lentur dan peredaran darah Anda lebih lancar. Anda bisa melakukan pemanasan sederhana hingga yang spesifik seperti yoga. Semua jenis latihan tersebut memiliki banyak manfaat untuk meregangkan otot tubuh.

Kenapa meregangkan otot tubuh begitu penting untuk dilakukan? Berikut ini alasannya.

Peredaran darah lebih lancar
Fungsi pertama yang akan Anda peroleh jika rajin meregangkan otot adalah membuat sirkulasi darah lebih lancar. Pembuluh darah akan lebih bersih dan bebas dari sumbatan, sehingga bisa mengalirkan darah ke seluruh tubuh dengan maksimal.

Persendian lebih bebas
Jika Anda sering melakukan latihan untuk meregangkan otot, maka secara tidak langsung juga akan berdampak pada persendian tulang. Otot yang menopang bagian ini akan memiliki gerakan yang lebih elastis, sehingga memudahkan Anda untuk bergerak dengan lincah dan minim cedera.

Keseimbangan tubuh lebih terjaga
Otot yang lentur akan membuat semua anggota gerak badan lebih mudah untuk dikoordinasikan. Dengan keseimbangan otot yang baik, tubuh akan lebih mudah beraktivitas. Anda pun tak mudah untuk merasakan nyeri atau pegel linu baik pada bagian otot maupun persendian. Selain itu, risiko cedera saat jatuh pun lebih mudah untuk diminimalkan, terutama saat masa tua.

Lebih fokus berpikir
Hal lain yang akan Anda terima saat rajin meregangkan otot adalah pikiran lebih fokus saat bekerja. Ketika Anda sedang menjalani beragam latihan peregangan otot, darah akan mengalir lebih lancar, termasuk ke otak. Hasilnya, otak akan menerima banyak oksigen dan zat gizi yang bisa membuatnya lebih fokus dan jernih saat berpikir.

Sudah paham kan alasan peregangan otot begitu penting untuk dilakukan. Jadi, sering-sering latihan ya, agar tubuh Anda bisa sehat bugar hingga hari tua.

Share artikel ini:

Artikel Terkait