Penyebab Anak Susah Tidur Malam

Seringkali anak susah tidur malam, atau terbangun di malam hari saat Ibu sudah terlelap. Hal ini harus diatasi, karena anak-anak butuh waktu tidur yang cukup agar tumbuh kembang otaknya lebih optimal. Setidaknya, anak butuh 12 jam tidur sehari.

Anak susah tidur malam tentu mengkhawatirkan. Apalagi bila ia jadi rewel dan menangis sepanjang malam. Kurang tidur bisa menyebabkan perkembangan emosionalnya terganggu. Karena itu, perlu diketahui apa penyebab anak susah tidur malam. Berikut ulasannya:

Lapar

Pertumbuhan tubuh anak sangat pesat, baik fisik maupun emosionalnya. Karena itu, otaknya membutuhkan lebih banyak glukosa daripada orang dewasa. Glukosa ini didapatkan dari makanan-makanan yang berkarbohidrat. Jadi, bila anak susah tidur malam bisa jadi itu karena ia merasa lapar. Solusinya, berikan asupan makanan bergizi tinggi dan lengkapi dengan susu sebelum tidur. Bisa juga ditambah dengan camilan bergizi seperti roti gandum atau yogurt. Bila laparnya teratasi, tidak lagi anak susah tidur malam.

Mimpi Buruk

Anak-anak memiliki daya imajinatif yang tinggi, sehingga apa yang ia lakukan seharian mudah menempel di otaknya. Bisa dari tontonan atau bacaan. Bila anak sering menonton film-film seram atau bacaan yang penuh karakter monster, bisa jadi terbawa mimpi dan membuat anak susah tidur malam karena takut. Yang bisa Ibu lakukan adalah menjelaskan padanya bahwa semua itu tidak nyata, dan kurangi tontonan dan bacaan yang menyeramkan terutama sebelum tidur. Bila masih takut, bisa temani anak sebelum tidur lalu perlahan-lahan biasakan ia tidur sendiri.

Gelisah

Merasa gelisah atau cemas juga bisa jadi penyebab anak susah tidur malam. Bisa jadi ia gelisah karena tidak mengerti pekerjaan rumah yang diberikan sekolah, atau takut dimarahi Ibu. Solusinya, ajak anak berbicara mengenai ketakutannya dan apa yang membuatnya gelisah. Yakinkan pada si kecil bahwa Ibu akan selalu ada di sampingnya, sehingga ia tidak perlu takut. Berikan pelukan agar rasa gelisahnya hilang dan ia tidak lagi sulit tidur malam.

Kelelahan

Terlalu banyak aktifitas di siang hari juga bisa membuat anak susah tidur malam. Pastikan anak mendapat tidur siang untuk mencukupkan energinya di siang hari dan agar ia tidak susah tidur malam. Lakukan rutinitas agar anak terbiasa untuk tidur tepat waktu di malam hari.

Gangguan Kesehatan

Kadangkala anak susah tidur malam karena gangguan kesehatan, misalnya pada sistem pernapasan. Bila saluran pernapasannya terganggu, anak akan sulit bernapas sehingga membuatnya tidak bisa tidur. Bisa juga karena alergi, seperti alergi debu atau dingin yang menyebabkannya sulit tidur. Periksakan pada dokter bila anak sering mengeluh tidak bisa tidur di malam hari.

Menonton TV/Main Games Sebelum Tidur

Anak susah tidur malam biasanya juga bisa karena terekspos pada televisi atau video games sebelum tidur. Tayangan tv atau permainan di komputer bisa membuatnya lupa waktu dan lupa bahwa sudah waktunya tidur. Berikan si kecil batasan waktu untuk menonton tv atau main games agar ia mendapatkan tidur yang cukup.

Share artikel ini:

Artikel Terkait