Perawatan Rambut Rontok

Rambut rontok setiap hari? Itu biasa. Tapi kalau rontok terlalu banyak, lebih dari 100 helai sehari, Anda perlu melakukan perawatan khusus agar kerontokan tidak menjadi lebih parah. 

Rambut rontok sebenarnya alamiah dan umum terjadi, bahkan pada wanita yang sehat sekalipun. Umumnya rambut menjadi lemah dan rapuh seiring dengan pertambahan usia. Meskipun ada juga faktor-faktor lain seperti faktor keturunan, menderita penyakit tertentu, sedang melakukan pengobatan tertentu (kemoterapi), stres, ataupun pasca melahirkan. Kami berikan beberapa saran untuk mencegah kerontokan yang lebih parah.
Sampo dan kondisioner yang tepat
Rambut rontok adalah masalah tersendiri. Jadi, pilih sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan. Gunakan sampo yang dapat memperkuat sekaligus menambah vitalitas rambut. Hal yang sama berlaku pula untuk kondisioner.

Tip 1: Gunakan ujung jari (bukan kuku) saat menggosok rambut. Setelah berkeramas, pastikan Anda membilas rambut sampai benar-benar bersih. Karena sisa-sisa busa sampo bisa memperlemah rambut.

Tip 2: Pakai kondisioner khusus untuk rambut rontok 1 atau 2 kali seminggu. Ingat, kondisioner hanya digunakan di ujung-ujung rambut. Jika dipakai dari ujung kepala, rambut akan terasa lebih lemas.

Mengeringkan dengan lembut

Stop kebiasaan mengeringkan rambut dengan kasar. Cara ini malah bisa membuat rambut mudah patah. Cukup tekan-tekan rambut dengan menggunakan handuk hingga airnya cukup meresap dan tak lagi menetes.

Tip: Biarkan rambut kering alamiah. Atau, gunakan blow dryer dengan suhu panas yang rendah.
Sisir bergigi jarang
Hindari sisir yang terbuat dari metal, bergigi rapat, dan tajam. Sisir seperti ini malah bisa membuat beragam kerusakan pada rambut, seperti patah, bahkan melukai kulit kepala. Sebaiknya, gunakan sisir yang bergigi jarang dan tumpul di ujung.

Tip: Jika ingin rambut tampak bervolume, cobalah menyisir secara terbalik. Caranya, tundukkan kepala, lalu sisir rambut dari belakang ke depan. Setelah itu, rapikan rambut kembali. Maka rambut Anda akan tampak lebih tebal.
Tatanan rambut yang longgar
Rambut rontok tak cocok jika ditata dengan ikatan yang terlalu kuat. Jadi, jika lain kali Anda ingin menguncir kuda atau mengepang rambut, ikatlah dengan longgar.

Tip: Anda juga bisa menggunakan tipuan mata. Caranya? Potong rambut Anda, setidaknya di atas bahu. Rambut pendek lebih kelihatan bervolume, terlebih jika rambut Anda tergolong tipis.
Perawatan tambahan
Perawatan tambahan bisa produk khusus untuk rambut rontok (thinning hair treatment) atau yang berupa serum. Sebaiknya, Anda berkonsultasi dulu dengan dokter atau ahli apabila Anda memang membutuhkan perawatan tambahan ini.

Tip: Jika ingin melakukan perawatan di salon, jangan pilih creambath. Karena saat creambath, kepala Anda akan dipijat dengan keras. Pemijatan seperti ini justru akan menambah kerontokan. Sebaiknya, minta perawatan berupa masker rambut dengan jenis khusus rambut rontok.

Share artikel ini:

Artikel Terkait