Pilihan Olahraga Yang Menyenangkan

Mendengar kata berolahraga, mungkin hati kita langsung mengkerut. Aduh, rasanya malas. Tidak ada waktu, sedang banyak pekerjaan. Padahal, sebenarnya olahraga adalah kegiatan yang menyenangkan. Tinggal bagaimana kita mengubah pola piker saha. Menurut dr. Michael Triangto, Sp.KO, spesialis olahraga dari Slim+Health Sports Therapy Jakarta, “Banyak orang malas berolahraga karena memikirkan rasa sakit yang terasa setelah latihan. Jika membuat tubuh menjadi sakit, capai, dan pegal, berarti olahraga itu terlalu berat. Sementara, untuk menjaga kesehatan, latihan yang dilakukan tidak perlu terlalu melelahkan dan menguras keringat. Intinya, no pain but still gain.”

MUDAH DAN RINGAN

Mulailah dari jenis olahraga yang sifatnya ringan terlebih dahulu agar menyenangkan. "Pilihan olahraga perlu disesuaikan dengan tingkat kebugaran setiap individu. Tujuan berolahraga adalah untuk meningkatkan level aktivitas, supaya kebugaran kita semakin bertambah," katanya. Bila kita termasuk orang yang jarang bergerak, coba cari olahraga seperti berjalan kaki. "Kecepatan berjalannya seperti kalau kita sedang terburu-buru hendak ke kamar mandi."

Alternatif berjalan adalah bersepeda dan peregangan, misalnya, di saat sedang menunggu. “Lakukan stretching ringan di bagian leher, bahu, serta lengan atas dan bawah, hingga ke pinggang. Jangan lupakan area kaki, mulai paha hingga tungkai bawah dan pergelangan kaki. Hanya dengan 5-10 menit saja, tubuh jadi lebih segar dan otot-otot yang kaku dapat dilemaskan."

TERATUR, TERPROGRAM

Ada tiga hal yang harus dipenuhi dalam berolahraga, yaitu teratur, terprogram, dan terus-menerus. "Terprogram berarti jenis latihannya jelas, intensitasnya juga tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Durasi minimumnya adalah 30-60 menit. Frekuensinya juga harus jelas, yaitu 3-5 kali seminggu," kata dr. Michael.

Apabila ketiga prinsip ini dapat dilakukan, jenis olahraga apapun yang kita pilih, semuanya akan terasa menyenangkan sekaligus memberikan manfaat lebih.

Share artikel ini:

Artikel Terkait