Rahasia Umur Panjang Masyarakat Jepang

beef09a120fca31f3ec9437f188abb985c37cb25.jpeg

Jika Anda sedang mencari pedoman hidup sehat, sejahtera dan panjang umur, coba lihatlah ke negara Jepang. Ketika mencari informasi tentang negara ini, Anda akan takjub dengan angka harapan hidupnya yang sangat tinggi. Pasti sudah sering mendengar kan tentang masyarakat Jepang yang bisa tetap sehat di umur 100 tahun?

The World Health Organization menemukan jika wanita Jepang memiliki angka harapan hidup hingga umur 87 tahun. Jika ingin mengetahui rahasia umur panjang masyarakat Jepang, simak ulasan berikut ini:

Menyukai seafood
Menurut National Marine Fisheries Service masyarakat Jepang mengonsumsi 55,7 kilogram per kapita dalam satu tahunnya, sedangkan Amerika hanya 24,5 kilogram. Konsumsi ikan dipercaya dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 36 persen. Lebih mengejutkan lagi, orang yang mengonsumsi ikan dengan  kandungan lemak omega 3 yang lebih tinggi hidup rata-rata 2,2 tahun lebih lama daripada yang tidak mengonsumsinya.  

Karaoke
Jika berkunjung ke Jepang, Anda pasti terkejut dengan keberadaan tempat karaoke yang tak lazim di sana. Dalam sebuah studi pada tahun 2009 dengan subjek penelitian hampir 20.000 orang oleh Ehime University Graduate School of Medicine dan  Osaka University menemukan bahwa karaoke sangatlah baik bagi kesehatan fisik maupun mental. Pasalnya, selain meningkatkan kesehatan jantung, saat bernyanyi secara tidak langsung menggunakan pernafasan dalam yang baik bagi sistem saraf. Selain itu, menghabiskan waktu bersenang-senang dengan teman dan keluarga dapat menghilangkan stres dan membuat suasana hati lebih ceria.

Go green
Pemerintah Jepang sangat peduli dengan alam dan kesehatan masyarakatnya. Hal ini dibuktikan pemerintah Jepang merintis terapi hutan yang terdiri dari tamasya penyembuhan dengan menyediakan ruang hijau di perkotaan. Jadi, masyarakat Jepang dapat dengan mudah melakukan relaksasi untuk menghilangkan stres dengan mendekatkan diri dengan alam.

Bath time
Mandi adalah hal yang dianggap sangat serius di Jepang. Sekitar 85 persen masyarakat Jepang mengakhiri hari mereka dengan mengunjungi sento atau pemandian air panas. Ilmuwan Jepang menegaskan bahwa dengan berendam air panas adalah cara menangkal penyakit. Mandi dengan air dari sumber mata air dapat mengobati rematik, gangguan kulit dan neuralgia. Lebih baik lagi, jika Anda menggunakan waktu mandi untuk meditasi.

Inilah rahasia panjang umur dari masyarakat Jepang. Tidak hanya peduli dengan konsumsi makanan sehat, mereka juga menggunakan alam sebagai relaksasi dan menghilangkan stres. Selain itu, mereka tahu caranya menemukan kebahagiaan dengan berkaraoke. Bagaimana? Anda ingin mencobanya?