Rajin Makan Pepaya Apa Manfaatnya Buat Pencernaan?

Siapa sih yang tidak kenal dengan pepaya? Buah subtropis yang memiliki tekstur daging yang lunak dan lembut ini mengandung sejuta manfaat bagi kesehatan. Ironisnya, banyak orang menganggap buah yang satu ini tidak memiliki gizi yang tinggi lantaran harganya yang murah. Meski begitu, Budi Utomo menuturkan buah ini dapat membuat pencernaan lebih sehat.

Menurut salah satu contributor Nestle tersebut, kandungan nutrisi buah pepaya tidak kalah dengan buah lainnya. Buah pepaya mengandung vitamin C hingga 78 gram. Jumlah ini tentu lebih tinggi dari kandungan vitamin C dalam buah apel, yang hanya 5 gram dalam setiap 100 gramnya. Sedangkan dalam 100 gram buah pepaya, terkandung 1,8 kg serat.  Serat ini sangat diperlukan oleh tubuh,  terutama untuk melancarkan sistem pencernaan.

Serat akan membuat penyerapan nutrisi dalam tubuh menjadi lebih maksimal. Di samping itu, serat ini akan membuat  tekstur feses menjadi lebih lunak dan tidak keras. Hasilnya, feses akan lebih mudah dikeluarkan dari tubuh. Jika si kecil mengalami gejala sembelit atau susah buang air besar, ada baiknya Anda memberikan pepaya untuk melancarkan buang airnya.

Selain itu, pepaya mengandung banyak vitamin A yang sangat baik untuk perkembangan dan kesehatan mata. Kandungan vitamin C yang ada di dalam pepaya juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh si kecil agar tidak mudah sakit. Mineral lain seperti kalsium, fosfor, zat besi dan natrium juga banyak ditemukan dalam buah ini, sehingga benar-benar bisa mendukung proses tumbuh kembang anak.

Anda bisa menyajikan buah pepaya segar secara langsung pada si kecil. Sajikan dalam keadaan dingin agar lebih nikmat. Untuk menambah selera makan anak, tambahkan sedikit cokelat cair di sampingnya. Biarkan si kecil mencelupkan potongan pepaya dalam cokelat cair yang manis. Bukan hanya itu saja, bola-bola pepaya juga dapat Anda manfaatkan untuk hidangan sop buah yang menyegarkan. Selamat mencoba.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait