©shutterstock

Sering Kram Saat Olahraga? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

Olahraga menjadi salah satu aktivitas yang mendukung gaya hidup sehat, karena membuat fisik menjadi lebih bugar dan meningkatkan daya tahan tubuh. Tidak heran jika orang yang hobi olahraga tak mudah terkena sakit. Namun begitu, risiko mengalami cedera ketika berolahraga sangatlah mungkin terjadi. Salah satunya ditandai dengan terjadinya kram baik saat sedang berolahraga maupun sesudahnya.

Dr. Melissa Conrad dari Medicine Net menjelaskan kram terjadi karena otot melakukan gerakan tak sadar secara tiba-tiba hingga membuat bagian otot tersebut menegang. Umumnya otot bisa dikendalikan secara sadar mengikuti gerakan yang diinginkan. Misalnya pada otot bagian lengan dan kaki. Otot-otot ini bergerak secara bergantian dan membantu kinerja tubuh dalam memudahkan proses bergerak.

Sementara, pada kasus kram beberapa otot berkontraksi di luar kendali hingga akhirnya menegang dan menjadi kram. Gangguan ini dapat berlangsung selama beberapa detik hingga seperempat jam. Namun, tak menutup kemungkinan bisa terjadi dalam kurun waktu yang lebih lama. Semakin sering mengalami kram maka semakin besar potensi mengalami kram lebih lama. Hal ini sesuai dengan pernyataan Dr. Melissa Conrad.

Lebih lanjut, Dr. Melissa menambahkan proses terjadinya kram juga dipengaruhi oleh faktor usia. Semakin bertambah usia seseorang maka semakin besar potensi untuk mengalami kram otot kala berolahraga. Faktor lain dan sangat memungkinkan menjadi penyebab kram di segala usia adalah kurangnya asupan nutrisi dalam tubuh. Kekurangan vitamin B kompleks dan beberapa mineral bisa memicu timbulnya kram.

Peredaran darah yang tidak lancar juga bisa menjadi penyebab timbulnya kram saat olahraga. Jika kram terjadi saat sedang berolahraga segeralah untuk menghentikan semua aktivitas olahraga. Diamlah sejenak sampai kram tersebut benar-benar berhenti. Berdiri tegak atau berjalan pelan jika kram terjadi di kaki. Luruskan kaki sambil duduk jika kram terjadi di betis. Jika sudah lakukan pemijatan ringan. Berendam dalam air panas juga efektif untuk membuat otot-otot tubuh tidak mudah menegang.

Share artikel ini:

Artikel Terkait