Siap Olahraga, Lebih Dulu Perhatikan Tipsnya

Asupan gizi pada anak bukanlah satu-satunya hal yang perlu diperhatikan. Ada hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan, yaitu olahraga. Aktivitas fisik ini, bisa membantu si kecil meningkatkan stamina dan kebugaran tubuhnya. Lebih dari itu, olahraga juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh buah hati Anda. Namun demikian, perhatikan tipsnya berikut ini.

Jangan makan sebelum berolahraga
Meski tubuh membutuhkan energi dari makanan untuk berolahraga, tetapi sebaiknya Anda tidak memberikan makanan utama pada si kecil. Apalagi, jika porsinya berlebihan. Hal ini bisa membuat anak, mual bahkan muntah-muntah saat berolahraga. Sebagai gantinya, segelas susu, sebuah pisang atau semangkuk sereal gandum bisa menjadi pilihan.

Siapkan bekal air putih yang cukup
Selain makanan, persiapan yang perlu Anda berikan  kepada si kecil adalah bekal minumnya. Pastikan si kecil membawa dan meminum air yang banyak, sebab ketika olahraga tubuh akan mudah dehidarasi. Konsumsi air putih yang cukup, penting untuk mengembalikan staminanya.

Gunakan pakaian khusus olahraga
Biasanya, pakaian ini terbuat dari bahan katun yang baik untuk menyerap keringat. Pilihkan yang tidak terlalu ketat, agar sirkulasi udara dalam tubuh bisa berjalan dengan maksimal.

Lakukan sebelum jam sembilan pagi
Matahari dapat mengaktifkan vitamin D yang terasup dalam tubuh. Manfaatkan sinar matahari pagi tersebut, dengan mengajak si kecil berolahraga. Upayakan, aktivitas olahraganya tidak lebih dari jam sembilan pagi, karena pada saat itu matahari memiliki radiasi sinar UV yang cukup tinggi. Sinar tersebut bisa merusak sel kulit, hingga membuat kanker kulit jika sering terpapar langsung olehnya.

Oke, persiapan si kecil sudah beres. Biar tidak kesiangan, langsung olahraga yuk, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait