Snack Lezat Untuk Berdiet

Saat menjalani diet tidak selalu sama dengan menghindar total dari menikmati lezatnya sebuah hidangan. Ini adalah beberapa ide untuk snack lezat namun rendah kalori.

Kata ‘diet’ tidak otomatis berhubungan dengan program penurunan berat badan. Diet simple lebih sering dimaksudkan dengan menata pola makan untuk tujuan sehat demi kehidupan yang lebih baik. Idealnya semua orang dewasa mengadopsi diet sesuai kebutuhan individu, tanpa perlu tunggu mengidap satu gangguan kesehatan terlebih dahulu.

Secara umum, diet dimulai dari proses menyiapkan hidangan yaitu cara memasak. Hindari penggunaan banyak minyak seperti menggoreng dan kurangi bahan makanan hewani yang berlemak. Lalu perbanyaklah porsi untuk menyantap sayuran, buah, biji-bijian juga konsumsi cukup air setiap hari. Ini adalah langkah awal yang perlu dimulai dan dilanjutkan dengan niat selain disiplin kuat.

Dan jika Anda sekarang telah menjalani diet dengan baik, terkadang godaan sesaat akan camilan sulit dihindari. Tidak perlu khawatir, selama bersantap dengan porsi normal alias tidak berlebihan, diet tetap berlangsung baik. Kendalikan keinginan dan nikmati saja sesuai keperluan. Namun jika ingin lebih banyak bersantap, beberapa ide camilan termasuk minuman berkalori ringan bisa dibaca berikut ini.

Snack:

-      Kentang dengan kulit panggang (potato wedges), taburi bumbu penyedap sedikit dan semprot minyak zaitun lalu panggang dioven.

-      Roti panggang dengan lapisan tipis margarine/minyak zaitun dan ditabur sedikit garam dan bawang putih bubuk (garlic bread)

-      French fries panggang, gunakan oven utk mematangkan kentang ini, baca petunjuk pada kemasan. Memerlukan oven dan waktu tambahan utk memasaknya.

Sup:

-      Sup berbahan labu parang, jagung, tomat, kacang hijau, kacang merah atau wortel bisa disiapkan sebagai snack. Hindari penggunaan kaldu berbahan daging ayam/sapi, ikan bisa jadi alternatif. Dan tidak perlu menambah krim susu. Sajikan dalam mangkok sedang dan sepotong roti panggang rasa bawang putih.

Salad:

-      Kombinasi potongan sayur hijau, merah & buah segar untuk membuat salad. Jangan gunakan dressing/saus berbahan mayones tapi ganti dengan minyak zaitun, madu, bubuk cabe, cuka/sari lemon dan garam. Juga saus berbahan alpukat, tomat juga mangga. Nikmati sensasi lezat yang menyenangkan dan sehat. Opsi tambahan, potongan salmon asap, udang rebus & dada ayam panggang; sedikit saja/seperlunya.

Sayuran dan Buah:

-      Siapkan potongan sayuran dan masak dengan merebus/mengukusnya. Brokoli, wortel, kentang, buncis, jagung muda dapat dijadikan snack dengan tambahan saus tomat atau madu (seperti saus salad). Tapi jika ingin sensasi krim lembut a la mayones, gunakan tahu kukus yang dihaluskan sebagai bahan pengganti. Sayur lain adalah ketimun, bengkuang dan beberapa jenis dedaunan.

-      Sedang untuk buah, pilihannya ialah segar atau dikeringkan (dried fruits), jangan lupa buah mengandung gula/fructosa; hindari bersantap secara berlebihan apalagi jadi mengganti hidangan utama.

Minuman & Agar:

-      Jika menginginkan rasa manis sebagai snack, minuman dingin berbahan buah segar dapat disiapkan. Tambah sedikit gula semut/aren jika diperlukan dan gunakan buah yang sudah matang sehingga terasa lebih manis.

-      Agar berbahan jus buah juga dapat dibuat. Agar mengandung serat alami yang baik utk proses pencernaan.

-      Smoothies, tambah yoghurt rendah lemak dan gunakan buah potong segar tambah dengan batu es lalu di blender.

-      Atau, gunakan teh hijau sebagai bahan minuman teh lemon ditambah jahe dan gula aren secukupnya. Sajikan dingin. Alternatif lain adalah buah jeruk, lemon, apel, mangga juga stroberi.

Share artikel ini:

Artikel Terkait