Sudah Sehatkah Rumah Anda?

Apakah rumah yang Anda huni bersama keluarga saat ini sudah memenuhi kriteria sehat sekaligus ramah lingkungan? Periksalah melalui kuis kecil ini.

  1. Cara terbaik menghemat listrik adalah dengan mematikan peralatan elektronik di rumah. (BENAR/SALAH)
  2. Agar bisa terlindung dari polusi, kita sebaiknya lebih banyak berada di dalam rumah daripada berjalan-jalan di luar. (BENAR/SALAH)
  3. Memasang tirai berbahan vinyl di kamar mandi bisa menyelamatkan kita dari ancaman jamur. (BENAR/SALAH)
  4. Mencuci baju dengan air panas bisa membuat baju lebih bersih. (BENAR/SALAH)
1. SALAH. Sebagian besar peralatan elektronik di rumah akan tetap menyedot listrik, meski dalam kondisi mati. Fakta membuktikan, 75% peralatan elektronik di rumah menghabiskan listrik justru saat tidak digunakan. Lebih baik, miliki satu stop kontak bertombol on-off, yang dilengkapi dengan beberapa tempat colokan. Sambungkan semua kabel colokan perabot elektronik ke stop kontak itu. Mulai dari komputer, televisi, hingga charger telepon genggam. Saat stop kontak dimatikan, aliran listrik ke peralatan elektronik tersebut otomatis juga mati total.

2. SALAH. Kadar polutan di dalam rumah bisa 2-5 kali lipat lebih tinggi dibanding di luar rumah. Demikian hasil studi dari Environmental Protection Agency, Amerika Serikat. Polusi di dalam rumah berasal dari karpet, cat tembok, lantai, serta perabot rumah tangga yang mengeluarkan VOC (volatile organic compound). Senyawa ini mudah menguap di suhu ruangan dan bisa menyebabkan penyakit. Selain itu, kurang baiknya sirkulasi udara juga bisa memunculkan berbagai penyebab alergi, yang berbahaya bagi keluarga.

3. SALAH. Tirai berbahan vinyl memang ekonomis, tapi berbahaya bagi kesehatan. Lebih baik, pilih tirai berbahan nilon. Selain lebih sehat, perawatannya juga lebih mudah.

4. SALAH. Air dingin juga bisa membersihkan baju dengan maksimal. Hematlah penggunaan air panas hanya untuk mencuci baju-baju yang sangat kotor dan seprai. Dengan begitu, kutu-kutu kecil dan beragam penyebab alergi akan mudah diberantas.

Share artikel ini:

Artikel Terkait