Tidak Hanya untuk Fisik, Inilah 3 Manfaat Lain Sarapan Pagi yang Ibu Perlu Ketahui

Sarapan pagi merupakan salah satu cara penerapan pola hidup sehat yang wajib dijadikan sebagai rutinitas di pagi hari. Mengonsumsi sarapan pagi dengan menu bergizi seimbang dapat memenuhi kebutuhan gizi dan energi yang dibutuhkan tubuh untuk memulai hari. Selain itu, sarapan pagi juga dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi, sehingga lebih baik dalam melakukan aktivitas.

Ternyata tak hanya memberikan manfaat luar biasa bagi fisik, terdapat beberapa manfaat sarapan pagi yang mempengaruhi sisi emosional atau mental seseorang. Berikut ulasannya.

1. Menurunkan Depresi

Depresi merupakan salah satu gangguan mental yang tak terlihat tapi sangat membahayakan. Tak sedikit penderita depresi parah yang akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

Uniknya, penelitan yang diterbitkan oleh National Institutes of Health mengungkapkan bahwa penderita depresi pada umumnya mengalami kekurangan gizi. Menurut penelitian ini, penderita depresi terdeteksi kekurangan gizi seperti mineral, omega-3, dan vitamin B.

Untuk membantu Ibu dan keluarga terhindar dari depresi, kecemasan, serta meningkatkan mood setiap harinya, siapkan menu sarapan sehat dengan kandungan gizi seimbang.

2. Meningkatkan Suasana Hati untuk Memulai Hari

Menurut penelitan yang diterbitkan US National Library of Medicine National Institute of Health, apa yang dikonsumsi akan mempengaruhi suasana hati dan perilaku seseorang. Dari sini bisa diketahui bahwa sarapan pagi bisa meningkatkan suasana hati seseorang untuk memulai hari.

Dilansir dari situs nutritionist-resource.org.uk, makanan yang mengandung karbohidrat (seperti nasi), vitamin D (seperti kuning telur), dan vitamin B (seperti bayam dan buncis) mampu meningkatkan suasana hati.   

Pastikan keluarga selalu mendapatkan menu sarapan sehat dengan gizi seimbang yang dibutuhkan ya Bu agar semakin siap dan semangat untuk memulai hari!

3. Lebih Dekat dengan Keluarga

Saat sarapan pagi, biasanya keluarga akan berkumpul bersama sebelum memulai aktivitas masing-masing. Pada kesempatan ini, biasanya keluarga akan membicarakan tentang hal-hal yang dilalui pada hari sebelumnya atau rencana hari ini. Momen sarapan pagi ini tentu menjadi saat yang tepat untuk Ibu dan Ayah mengetahui perkembangan si Kecil, sembari memberikan nasihat yang bermanfaat untuknya.

Selain itu, lewat sarapan pagi ini, ibu juga secara langsung mengontrol asupan makanan keluarga, lho. Menu sarapan sehat yang ibu sajikan setiap sarapan pagi tentu mengurangi kesempatan si Kecil untuk membeli jajanan yang kurang sehat di luar sana. Dilansir sebuah tulisan di situs webmd.com, peneliti Amber J. Hammons, PhD, dari University of Illinois, Urbana-Champaign menemukan bahwa keluarga yang sarapan pagi bersama lima kali atau lebih memiliki kemungkinan untuk menghadapi masalah kesehatan gizi pada anak 25% lebih kecil daripada mereka yang hanya sekali sarapan pagi bersama.

 

Tiga manfaat tak terduga sarapan pagi di atas pasti sayang sekali jika dilewatkan begitu saja. Untuk itu, pastikan Ibu membiasakan sarapan pagi bersama Ayah dan si Kecil sebagai penerapan pola hidup sehat untuk keluarga!

Share artikel ini:

Artikel Terkait