Tingkatkan Kelenturan Tubuh dengan Yoga

Olahraga yoga memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. Menjaga bentuk badan, melatih pernapasan dan membuat otot-otot tubuh lentur atau fleksibel. Bila otot tubuh lentur, melakukan gerakan olahraga lain pun akan lebih mudah dan terhindar dari cedera.

Banyak yang mengira gerakan-gerakan olahraga yoga sulit dilakukan, kecuali oleh atlet-atlet yang telah berpengalaman. Padahal, bagian dari olahraga yoga sendiri adalah untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh agar tidak kaku. Bisa dimulai dengan gerakan-gerakan yang sederhana untuk melatih otot-otot tubuh.

Yang penting dalam melakukan gerakan olahraga yoga adalah tetap rileks, agar tubuh bisa fleksibel dan lentur. Untuk rileks, maka perlu latihan pernapasan yang mmang jadi salah satu komponen utama dalam olahraga yoga. Bila dapat mengatur pernapasan dengan baik, otot-otot tubuh dapat melakukan peregangan lebih baik, sehingga meningkatkan fleksibilitas dan kelenturan tubuh.

Yang perlu diingat adalah mengatur pernapasan dengan teratur saat melakukan gerakan yoga. Buang dan ambil napas saat melakukan hitungan dan berganti dari satu gerakan ke gerakan lainnya. Jangan menahan napas lebih lama dari yang sanggup dilakukan, karena justru akan membuat gerakan yoga menjadi tidak nyaman.

Tak hanya dari cara bernapas saat melakukan olaraga yoga, tipe-tipe yoga tertentu juga bisa membantu otot-otot tubuh menjadi lebih lentur. Misalnya bikram yoga, yaitu melakukan olahraga yoga di ruangan panas. Saat melakukan bikram yoga, otot-otot tubuh menjadi lebih hangat sehingga peregangan lebih mudah dilakukan. Gerakan-gerakan yoga pun jadi terasa lebih mudah.

Tentunya, tubuh lentur tidak muncul setelah hanya sekali melakukan olahraga yoga. Perlu dilakukan latihan secara rutin agar otot-otot tubuh terbiasa melakukan olahraga yoga sehingga lebih cepat menjadi fleksibel dan lentur.

Share artikel ini:

Artikel Terkait