6 Tips Kerja Efektif Tanpa Harus Lembur

Pahami deskripsi pekerjaan agar tahu apa yang dituntut dari pekerjaan, dan pastikan juga kita tahu target yang harus dicapai (harian, mingguan, bulanan) agar tak perlu selalu diingatkan oleh atasan.

  • Cobalah untuk proaktif bertanya kepada atasan tentang rencana-rencana perusahaan/unit kerja di waktu mendatang. Dengan begitu, kita bisa membuat perencanaan kerja untuk kita sendiri.
  • Buatlah “daftar hal yang harus dikerjakan” agar kita tahu mana yang harus diselesaikan dalam dalam sehari, seminggu, dan seterusnya.
  • Sikap perfeksionis kadang membuat tempo kerja melambat. Akibatnya, waktu yang ada lebih banyak digunakan untuk memeriksa ulang hasil pekerjaan. Padahal ini bisa diatasi. Misalnya dengan teknologi komputer, kita bisa mengecek ejaan dan tata bahasa dalam waktu lebih cepat.
  • Jika pekerjaan sangat banyak dan tidak mungkin tertangani sendiri, sampaikan kepada atasan tentang kondisi ini dan apa konsekuensinya, misalnya harus lembur atau hal-hal lainnya. Jika mungkin, usulkan kepada atasan untuk berbagi tugas dengan rekan lain yang kebetulan tidak mempunyai terlalu banyak pekerjaan.
  • Batasi waktu untuk mengobrol, bermain game, atau browsing situs internet yang tidak perlu.

(PT. Nestlé Indonesia bekerja sama dengan www.hersmagz.com)

Share artikel ini:

Artikel Terkait