Empat Langkah Sukses di Kantor

Bekerja dengan baik saja belum cukup. Suatu penelitian yang dilakukan oleh para ahli di Columbia University, Amerika Serikat, menemukan bahwa sukses pekerjaan, kenaikan gaji, serta promosi jabatan umumnya lebih banyak dipengaruhi oleh karisma seseorang dibanding latar belakang akademis atau kualifikasi profesional yang dimiliki orang tersebut. Karena itu, Anda harus berusaha agar atasan dan rekan-rekan kerja menyukai Anda.

Lalu, bagaimana caranya? Tim Sanders, pengarang buku The Likability Factor membagi rahasianya untuk Anda berikut ini.

Empat Faktor Disukai atau Faktor L
“Saat kita berinteraksi dengan orang-orang di sekitar kita, mereka sebenarnya mencari empat hal dalam diri kita, yang nantinya akan menentukan apakah mereka akan menyukai kita nantinya,” jelas Sanders. Keempat hal itulah yang disebut Sanders sebagai “Faktor L” dari “Likeability Factor”. Pertama, orang mencari tahu apakah Anda cukup bersahabat atau tidak. Kedua, apakah Anda cukup relevan bagi mereka, ketiga apakah Anda mempunyai empati kepada mereka, dan terakhir adalah apakah Anda orang yang tulus dan jujur. Jika jawabannya positif, maka Anda memiliki Likeability Factor atau faktor disukai.

Bagaimana Meningkatkan Faktor L Anda

  1. Langkah Pertama: Tingkatkan Keramahan Anda
    Keramahan Anda akan terlihat dari keterbukaan dan kemampuan Anda untuk berkomunikasi dengan orang lain. Jadi, cobalah untuk membiasakan diri menyapa orang lain dengan ramah, tersenyum lebih sering, dan tunjukkan bahasa tubuh serta kata-kata yang positif.
  2. Langkah Kedua: Tingkatkan Relevansi Anda
    Faktor relevansi berhubungan dengan kaitan Anda dengan minat, keinginan, dan kebutuhan orang lain. Semakin erat kaitan Anda dengan itu semua, semakin orang menyukai Anda. Untuk meningkatkan relevansi Anda pada seseorang, cari tahulah minat dan kebutuhan orang tersebut, dan saling berbagi jika kebetulan minat Anda sejalan dengannya. Cari tahu pula apa yang biasa ia lakukan di luar jam kerja.
  3. Langkah Ketiga: Tunjukkan Rasa Empati
    Empati Anda mencerminkan kemampuan Anda untuk melihat segala sesuatu dari sudut pandang orang lain dan memahami apa yang ia rasakan. Jika Anda mampu melakukannya, dijamin orang akan menyukai Anda. Untuk itu, coba tanyakan pada diri Anda, apakah Anda…
    • Mengetahui bagaimana perasaan rekan Anda terhadap masalah yang tengah ia hadapi akhir-akhir ini?
    • Memahami seperti apa rasanya melakukan tugas-tugas rekan Anda yang bertumpuk setiap hari?
    • Merasakan hal yang sama dengan rekan Anda tentang masalah tertentu?
  4. Langkah Keempat: Tunjukkan Ketulusan Hati Anda
    Ketulusan adalah konsistensi antara apa yang diyakini dengan tindakan yang dilakukan. Untuk bisa tulus kepada diri sendiri dan orang lain, Anda perlu melakukan hal-hal berikut:
    • Lakukan apa yang ingin Anda lakukan dalam hidup ini
    • Miliki tujuan hidup
    • Berkomitmen pada prinsip-prinsip Anda dalam bekerja
    • Menjadi orang yang sama baik di dalam maupun di luar kantor
    • Terbuka dan jujur pada orang lain

Semakin Anda menerapkan hal-hal tersebut di atas, semakin Anda disukai oleh orang-orang di sekitar Anda. (PT. Nestle Indonesia bekerja sama dengan www.hersmagz.com)

Share artikel ini:

Artikel Terkait