Kenali Sikap Kerja yg Profesional

Mengapa ada orang yang bisa dengan mudahnya mencapai posisi puncak, sementara yang lainnya tetap di posisi yang sama selama bertahun-tahun? Anda mungkin mengatakan kecerdasan, bakat, dan kedekatan dia dengan para bos yang memungkinkan itu semua. Padahal, bukan hanya itu, ada hal lain yang juga penting: sikap. Oleh karena itu, Anda perlu mengubah perilaku agar makin profesional. Semoga Anda pun bisa menikmati kesuksesan.

Cobalah mengembangkan sepuluh sikap positif berikut ini jika ingin meniti tangga menuju kesuksesan dalam karier Anda:

  • Saya Bertanggung Jawab pada Nasib Pribadi
    Kesuksesan tidak datang dengan sendirinya. Jadi, jika Anda berdiam saja menunggu sesuatu yang luar biasa terjadi bagai bintang jatuh dari langit, Anda akan menghabiskan waktu seumur hidup. Lakukanlah sesuatu, karena Anda sendiri yang bertanggung jawab atas nasib Anda.
  • Tak Ada yang Tak Mungkin
    Hampir tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini jika kita berusaha. Jika Anda berpikir bahwa Anda bisa, maka itulah yang benar-benar akan terjadi. Sebaliknya, jika Anda sudah beranggapan bahwa Anda tidak mungkin melakukannya, maka itu juga yang akan terjadi.
  • Tak Ada Tugas yang Remeh
    Anda tidak pernah tahu kapan Anda akan diperhatikan atau menjadi pusat perhatian atau bahkan diperhitungkan. Jadi, jangan pernah menganggap remeh tugas yang diberikan kepada Anda. Walau mungkin sekilas terkesan remeh temeh, bisa jadi berkat tugas itulah karier Anda justru terdongkrak.
  • Tiap Orang Punya Peran
    Kesuksesan Anda juga tak lepas dari peranan orang-orang di sekitar. Bahkan membina hubungan baik dengan sekretaris bos Anda pun turut berperan. Karena itu, jagalah hubungan baik dengan orang-orang di sekitar Anda. Siapa yang tahu orang-orang tersebut kelak akan sangat Anda butuhkan bantuannya?
  • Ini Pekerjaan Saya, dan Saya Harus Mencintainya
    Jika Anda menghabiskan waktu berhari-hari hanya untuk berpikir bahwa tidak selayaknya Anda melakukan tugas seperti ini, dijamin performa Anda pun akan buruk. Baik, mungkin terkadang pekerjaan ini membuat Anda kesal dan Anda sungguh membencinya, tapi pada akhirnya Anda tetap harus menyelesaikannya. Jadi, cobalah untuk menyenangi pekerjaan yang Anda lakukan, tak peduli di manapun Anda berada.
  • Jaringan yang Bagus Penting bagi Saya
    Pahamilah pentingnya jaringan relasi dalam pekerjaan Anda, baik di dalam maupun di luar kantor. Mengajak kolega Anda makan siang bersama, kumpul-kumpul bersama sesudah jam kerja, atau bergabung dengan perkumpulan orang-orang yang berprofesi sama dengan Anda akan memperluas jaringan relasi Anda.
  • Saya Ingin Mengerjakan Lebih
    Sesekali cobalah mengajukan diri untuk berpartisipasi dalam proyek lain di luar pekerjaan yang sedang Anda kerjakan. Pelajari keterampilan baru yang bisa meningkatkan “harga” Anda dari proyek tersebut. Ingat, pekerja yang baik bukan hanya sekadar menyelesaikan tugasnya saja. Mereka selalu mencari cara-cara lainnya untuk mendapatkan nilai tambah.
  • Kegagalan adalah Guru Terbaik Saya
    Hampir setiap orang pernah mengalami kegagalan. Nah, perbedaan antara orang yang sukses dengan yang tidak adalah bagaimana mereka menyikapi kegagalan tersebut. Mereka yang sukses adalah yang bisa belajar dari kesalahan di masa lalu.
  • Saya Bangga pada Diri Sendiri
    Jangan pernah ragu untuk menonjolkan diri dengan menunjukkan prestasi yang sudah Anda capai dan apa yang sudah Anda lakukan untuk perusahaan. Pekerja yang sukses tahu bagaimana melakukan itu semua tanpa terkesan sombong.
  • Begitu Banyak Kesempatan, dan Saya Harus Mengetahuinya
    Pekerja yang sukses selalu memasang mata, telinga, dan mempertajam pikirannya untuk mengetahui peluang yang dating, yang bisa meningkatkan karir mereka.

(PT. Nestlé Indonesia bekerjasama dengan www.hersmagz.com)

Share artikel ini:

Artikel Terkait