Keuntungan Bekerja di Perusahaan Multinasional

Bagi sebagian besar orang, bekerja di perusahaan multinasional merupakan impian tersendiri. Biasanya yang menjadi daya tarik utama adalah standar gaji yang relatif lebih tinggi dibanding perusahaan lokal. Namun sesungguhnya banyak keuntungan lain selain gaji tinggi, mulai dari kesempatan belajar tentang sistem kerja berstandar internasional hingga akses akan informasi dan teknologi terbaru. Berikut beberapa keuntungan yang dapat Anda petik jika bekerja di perusahaan multinasional:

  • Budaya kerja di perusahaan multinasional biasanya didasarkan pada prinsip profesionalitas, tidak ada hirarki berdasarkan usia, pengalaman kerja, maupun gelar akademis. Keberhasilan dinilai berdasarkan kemampuan dan performance Anda. Jadi tak peduli berapa pun usia Anda atau pendidikan Anda, jika Anda bisa membuktikan kinerja, tak ada halangan untuk mencapai posisi puncak.
  • Perusahaan multinasional biasanya telah memiliki sistem kerja yang terstandarisasi, sehingga dalam menjalankan pekerjaan Anda memiliki panduan yang jelas. Mulai dari masalah administrasi, pembagian kerja, kewenangan, hingga koordinasi antar bagian telah diatur dengan jelas sehingga Anda tak perlu bingung dalam menjalankan tugas. Kesalahan pun dapat diminimalkan, selama Anda mengikuti prosedur yang telah ditetapkan.
  • Perusahaan multinasional biasanya juga menerapkan tata cara administrasi yang cukup ketat. Dari cara ini, Anda juga terlatih untuk melakukan pencatatan atau pendokumentasian yang memadai dalam setiap tahapan kerja, sehingga jika memerlukan informasi atau mengalami masalah, Anda dapat dengan mudah menelusurinya.
  • Karena jaringan internasional yang dimilikinya, perusahaan multinasional memiliki akses terhadap informasi maupun teknologi terbaru di industri terkait. Sebagai karyawan di perusahaan multinasional, Anda pun mendapatkan akses terhadap informasi dan teknologi tersebut, yang belum tentu dimiliki oleh karyawan dari perusahaan lokal. Pengetahuan dan penguasaan teknologi ini tak hanya memperluas wawasan Anda, namun juga memberi Anda “nilai tambah” dalam bidang kerja yang Anda geluti. Dengan bekal ini pula Anda punya “modal” cukup bila kelak ingin mempunyai usaha sendiri di bidang yang sama.
  • Dalam melakukan pelatihan bagi karyawannya, perusahaan multinasional memiliki akses untuk memberikan materi pelatihan dan mendatangkan fasilitator berkualifikasi internasional, atau mengirim Anda untuk training di luar negeri.
  • Jaringan global perusahaan multinasional di berbagai wilayah di dunia membuka kesempatan bagi Anda yang berprestasi untuk mendapatkan penempatan atau penugasan di cabang lain di luar negeri. Bekerja di perusahaan multinasional dapat menjadi batu loncatan untuk memasuki dunia kerja global.

Untuk dapat memperoleh dan memanfaatkan semua keuntungan dari perusahaan multinasional tersebut, tentu Anda tak bisa santai-santai belaka. Bekerja di perusahaan multinasional juga mensyaratkan beberapa kemampuan dan sikap yang harus diakui, diantaranya:

  • Memiliki standar pengetahuan, kapasitas, serta kemampuan analisis yang memadai.
  • Memiliki semangat, ketekunan, dan track record kesuksesan yang baik.
  • Kemampuan beradaptasi dengan budaya perusahaan serta dapat bekerjasama dengan rekan kerja.
  • Karena akan bekerja dengan orang dari berbagai bangsa, kemampuan berbahasa, teknologi, dan computer skill sangat diperlukan. Sebab dalam pekerjaan kerap kali Anda harus melakukan diskusi, koordinasi, rapat, maupun tele-conference dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia. Meski kualitas kerja dan ide-ide Anda sangat cemerlang, percuma saja bila tidak dapat mengkomunikasikannya dengan baik.

Share artikel ini:

Artikel Terkait