Keuntungan Menguasai Bahasa Asing

Banyak dari Anda yang mungkin berpikir bahwa penguasaan skill yang terkait dengan bidang kerja sudah mencukupi untuk mengantar Anda meraih kesuksesan karier. Sesungguhnya banyak ketrampilan lain yang meski tidak secara langsung berkaitan dengan keahlian Anda, namun sangat menguntungkan dalam jangka panjang. Salah satunya adalah penguasaan bahasa asing.

Bahasa merupakan salah satu kemampuan terpenting yang dimiliki manusia, karena merupakan alat untuk berkomunikasi, menyampaikan pendapat, juga perasaan. Karenanya, selain penguasaan bahasa ibu, kemampuan berbahasa asing membawa banyak keuntungan dalam karier. Beberapa keuntungan berikut bisa Anda peroleh bila menguasai bahasa asing dengan baik.

Meningkatkan Kemampuan Kognitif
Secara personal, mempelajari bahasa asing akan mengasah pemikiran Anda, karena dalam prosesnya memanfaatkan beberapa kemampuan seperti mengingat, mengenali berbagai jenis kalimat, juga menguasai pengucapan. Mengasah kemampuan ini akan meningkatkan kemampuan kognitif yang berkaitan dengan matematika, sastra dan seni. Tentu saja kemampuan-kemampuan ini menjadi nilai lebih di dalam dunia kerja.

Meningkatkan rasa percaya diri
Memiliki kemampuan yang tidak dimiliki orang lain dapat menjadi pendorong naiknya rasa percaya diri, yang pada akhirnya menimbulkan sikap positif dalam menyelesaikan tugas dan menghadapi tantangan kerja.

Meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan.
Bagi Anda yang baru lulus, kemampuan berbahasa asing dapat menjadi nilai tambah dan membuat Anda memiliki kemampuan lebih dibanding sesama lulusan yang tidak menguasai bahasa Asing, sehingga peluang mendapatkan pekerjaan menjadi lebih terbuka.

Membuka kesempatan untuk bekerja di perusahaan multinasional.
Dengan makin banyaknya perusahaan multinasional yang meluaskan jaringannya, makin terbuka kesempatan kerja bagi orang-orang yang menguasai bahasa universal dalam bisnis seperti bahasa Inggris, atau bahasa darimana perusahaan tersebut berasal.

Membuka kesempatan bekerja di luar negeri.
Kemampuan berbahasa asing juga membuka kesempatan bagi Anda untuk mencari peluang kerja di luar negeri, serta memberi nilai lebih saat harus bersaing untuk mendapatkan penempatan di luar negeri dari perusahaan tempat Anda bekerja kini.

Mengembangkan Usaha
Jika Anda seorang pengusaha atau wiraswasta, kemampuan berbahasa asing akan mempermudah proses pengembangan pasar ke luar negeri.

Share artikel ini:

Artikel Terkait