Peluang Bisnis Via Internet

Sejalan dengan perkembangan teknologi, internet kini telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari banyak orang. Jika awalnya digunakan sebagai salah satu sarana komunikasi, kini internet pun populer untuk mencari informasi hingga membeli produk. Lihat saja situs e-bay yang sukses menghubungkan jutaan penjual dan pembeli di seluruh dunia, atau amazon.com yang populer di kalangan penggemar buku. Melihat semakin meningkatnya pengguna internet di Indonesia, maka memanfaatkan internet untuk mengembangkan bisnis adalah langkah yang cukup menjanjikan. Apa saja keuntungan menjadi seorang entrepreneur, alias internet entrepreneur?

  • Pasar Lintas Batas
    Karena tak mengenal batas geografis, melalui internet Anda terhubungkan dengan pasar global. Seluruh dunia dapat Anda jangkau tanpa memerlukan biaya besar atau perangkat dan fasilitas khusus.
  • Fleksibilitas dan Mobilitas
    Anda bebas mengatur jadwal kerja tanpa terikat jam kerja tertentu. Dengan internet Anda bisa melakukan update produk atau transaksi bisnis kapan pun Anda mau. Selain itu, karena hanya membutuhkan koneksi internet, Anda dapat menjalankan bisnis Anda dari manapun. Anda pun terbebas dari keharusan mengarungi kemacetan setiap hari untuk menuju ke kantor.
  • Modal Relatif Kecil
    Yang namanya bisnis pasti memerlukan modal, namun berbisnis melalui internet memerlukan modal yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan cara khusus. Ada tak perlu menyewa kantor, menyediakan fasilitas kerja membayar biaya operasional, atau membayar gaji pegawai seperti layaknya bisnis yang dilakukan pada umumnya. Biaya yang dikeluarkan hanya meliputi sewa hosting dan biaya domain yang relatif kecil.

Langkah-langkah apa yang harus Anda lakukan saat ingin memulai bisnis via internet? Dalam e-book berjudul Make Your Site Sell, Dr. Ken Evoy menyebutkan ada tiga langkah yang harus dilakukan, yaitu mengembangkan produk unggulan yang berkualitas, membangun situs/web shop yang dapat menjual produk, serta menarik perhatian pengguna internet untuk berkunjung.

Untuk memproduksi produk unggulan, para entrepreneur harus melakukan analisa pasar untuk mengetahui apa yang dicari dan disukai pasar dari sebuah produk. Langkah berikutnya adalah merancang situs/ web shop dengan tampilan yang menarik, karena situs/ web shop ini merupakan “etalase” untuk menampilkan produk Anda. Meskipun harus menarik, namun Anda perlu mempertimbangkan fakta bahwa sebagian besar pengguna internet di Indonesia mengakses dengan cara dial-up. Karena itu hindari tampilan yang terlalu berat karena akan memerlukan waktu lama untuk diakses.

Langkah terakhir yang tak kalah menentukan dalam keberhasilan bisnis via internet adalah bagaimana menarik perhatian pengguna internet untuk mengunjungi situs Anda karena penjualan produk akan makin besar jika semakin banyak orang yang berkunjung. Upayakan agar saat orang melakukan pencarian produk di web engine, maka situs Anda akan terpampang pada halaman pertama.

Yang juga tak boleh terlupa adalah mempersiapkan sistem pendukung bagi penjualan produk Anda di internet. Diantaranya adalah mempersiapkan sistem pembayaran yang mudah dan aman via internet sehingga pembeli dapat melakukan pembayaran dengan mudah, serta sistem delivery yang cepat dan terpercaya, sehingga produk dapat diterima dengan cepat dan dalam keadaan baik oleh pembeli.

Share artikel ini:

Artikel Terkait