Solusi Keuangan dari Financial Planner

Kini di berbagai media, mulai majalah hingga radio dan televisi, rubrik serta segmen tentang keuangan tidak lagi didominasi masalah ekonomi yang jauh dari keseharian kita. Sebaliknya, makin banyak yang mengulas dan memberi solusi tentang masalah keuangan personal yang kerap kita hadapi sehari-hari. Berbagai saran yang disampaikan  para financial planner di berbagai media ini bagaikan jawaban dari kebutuhan banyak akan informasi keuangan yang praktis bagi berbagai masalah keuangan sehari-hari. Maka profesi ini pun kini seolah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat perkotaan.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan financial planner? Apa cakupan pekerjaan mereka? Financial planner atau personal financial planner adalah profesional yang membantu seseorang mengelola berbagai masalah keuangannya dengan perencanaan yang tepat. Masalah keuangan yang dimaksud meliputi manajemen alur keuangan, perencanaan investasi, asuransi, pajak, berbagai rencana jangka panjang seperti tabungan pendidikan dan dana pensiun, hingga perencanaan pengembangan usaha bagi seseorang  yang memiliki bisnis sendiri.

Tugas utama seorang financial planner adalah membantu klien-nya untuk merancang sebuah perencanaan keuangan. Proses perencanaan ini meliputi penentuan tujuan hidup, prioritas, serta tujuan finansial seseorang, lalu dengan mempelajari kondisi, risiko, gaya hidup, serta penghasilannya saat ini, merancang sebuah rencana yang realistis untuk mencapai tujuan tersebut. Secara singkat, seorang financial planner membantu Anda mencapai tujuan-tujuan finansial yang Anda harapkan, dengan  merancang langkah-langkah serta strategi yang harus Anda ambil dalam kehidupan sehari-hari.

Kapan Anda Memerlukan Bantuan Financial Planner? 
Jangan berpikir hanya orang-orang dengan penghasilan dan aset luar biasa besar yang memerlukan bantuan financial planner. Setiap orang memerlukan perencanaan yang baik jika ingin mendapatkan kehidupan yang baik di masa depan. Berapa pun penghasilan Anda, banyak langkah yang dapat diambil untuk memanfaatkan semua aset Anda dengan efisien dan memastikan Anda memperoleh kemapanan finansial di masa datang.

Kebutuhan dan prioritas seseorang berubah secara dinamis sejalan dengan tahapan kehidupan yang sedang dilaluinya. Dan banyak dari kita tidak sepenuhnya memahami masalah keuangan dengan baik. Ingat-ingatlah bagaimana pusingnya kita menentukan asurasi mana yang paling tepat, memilih jangka waktu kredit rumah yang menguntungkan secara jangka panjang, merencanakan dana pendidikan anak, hingga bentuk investasi mana yang paling sesuai dengan kondisi keuangan saat ini.

Dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya, seorang financial planner akan membantu dan memandu Anda menentukan serta mengambil langkah yang diperlukan untuk mencapai apa yang menjadi tujuan hidup Anda. Berikut beberapa masalah keuangan yang patut mendapat perhatian dalam berbagai tahapan kehidupan Anda.

Usia 0 - 20 Tahun
Anda pasti sudah melewati tahap ini, tapi tidak dengan anak-anak Anda. Bantu mereka mendapatkan kehidupan yang baik dengan menanamkan kebiasaan yang baik dalam hal keuangan. Minta bantuan financial planner untuk mengajari mereka membuat perencanaan dengan uang saku yang mereka terima, membuka tabungan, serta bagaimana dan seberapa besar mereka harus menabung untuk mencapai keinginan mereka di masa depan.

Usia 21-30 Tahun
Di masa produktif ini, Anda mulai memiliki pendapatan sendiri. Saatnya untuk lebih cermat menyeimbangkan pendapatan dan pengeluaran serta mulai menabung dan berinvestasi. Minta bantuan financial planner untuk membantu Anda menentukan alokasi pendapatan untuk kebutuhan sehari-hari, tabungan masa depan, dan investasi yang paling sesuai dengan pendapatan Anda. Saatnya pula untuk mulai menabung untuk membeli rumah. Jika Anda menikah, jangan lupakan untuk mulai memiliki asuransi jiwa dan asuransi kesehatan untuk seluruh anggota keluarga. 

Usia 31- 40 Tahun
Pada usia ini, pendapatan Anda biasanya sudah mulai bertambah, namun pengeluaran keluarga biasanya juga makin membesar, terutama saat anak-anak semakin besar dan kebutuhan mereka bertambah. Namun jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk mengurangi jatah tabungan. Justru saat inilah Anda harus makin giat menabung, terutama untuk pendidikan anak dan masa pensiun. Financial planner dapat membantu Anda mengatur cash flow keuangan keluarga, sehingga tetap dapat menabung dan berinvestasi. Juga membantu Anda memilih jenis tabungan dan investasi yang paling sesuai dengan tujuan Anda.

Usia 41-50 Tahun
Periode ini biasanya merupakan masa keemasan dimana karier dan pendapatan telah mencapai kemapanan. Saatnya untuk semakin aktif menabung untuk masa pensiun. Jangan takut untuk sedikit bereksperimen dengan masalah investasi. Financial planner dapat membantu Anda menentukan perencanaan investasi yang cukup agresif, namun dengan risiko yang tidak terlalu besar.

Share artikel ini:

Artikel Terkait