Strategi Tepat agar Pekerjaan Anda Makin Memuaskan Tahun Depan

Awalnya semua terasa baik-baik saja dan Anda menyukai pekerjaan Anda. Tapi, kini Anda sudah mulai merasakan sebaliknya. Apa yang harus dilakukan?

Stres akan terasa bertumpuk jika pekerjaan yang kita lakukan tak terasa menyenangkan lagi. Tapi, apa yang membuat pekerjaan menjadi tak lagi semenarik dulu? Berikut ini beberapa kemungkinan sumber penyebabnya dan cara mengatasinya agar pekerjaan jadi terasa memuaskan di tahun depan.

  1. Cari Tahu Penyebabnya
    Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu sumber penyebab ketidakpuasan. Mungkin salah satu dari beberapa faktor berikut yang menjadi pemicunya:
    • Konflik dengan rekan kerja
    • Konflik dengan atasan Anda
    • Tidak mendapatkan gaji yang seimbang dengan pekerjaan yang Anda lakukan.
    • Tidak mendapatkan fasilitas penunjang untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik.
    • Kurangnya kesempatan untuk mendapatkan promosi jabatan.
    • Pekerjaan yang dilakukan terasa membosankan, tidak sesuai dengan minat, pendidikan, dan keterampilan Anda.
    Tip penting: Sisihkan waktu untuk memikirkan sumber motivasi dan inspirasi Anda. Lalu, carilah strategi untuk meningkatkan kepuasan kerja.
  2. Kembangkan Strategi!
    • Carilah Tantangan Baru
      Dengan sedikit imajinasi, Anda bisa menciptakan tantangan baru dan melakukan yang terbaik. Ide berikut bisa dicoba.

      - Tingkatkan keterampilan
      Anda mungkin membayangkan menjadi seorang manajer proyek yang andal, mampu berkomunikasi dengan baik, dan mampu mengorganisir banyak hal. Mengapa Anda tidak mencoba mengembangkan keterampilan tersebut dalam pekerjaan Anda saat ini?

      - Kembangkan proyek pribadi
      Cobalah untuk mengerjakan sebuah proyek yang bisa memotivasi dan membuat Anda merasa memiliki kendali dan percaya diri. Awali dengan yang kecil-kecil, seperti mengorganisir kegiatan perayaan ulang tahun kantor, misalnya.

      - Menjadi mentor bagi rekan kerja Anda
      Begitu sudah menguasai pekerjaan sehari-hari, Anda mungkin mulai merasa bosan. Cobalah untuk mengatasinya dengan menjadi mentor bagi pegawai baru atau karyawan magang.

    • Bunuh Kebosanan!

      - Atasi perasaan monoton
      Saat istirahat, hiburlah diri sendiri. Membaca, mendengarkan musik, atau berjalan-jalan sejenak, misalnya?

      - Pelatihan untuk tugas berbeda
      Apakah pekerjaan Anda terdiri dari tugas-tugas repetitif seperti memasukkan data ke database (bank data)? Mintalah atasan Anda untuk memberi pelatihan melakukan tugas-tugas yang berbeda untuk mengatasi kebosanan.

      - Menawarkan diri melakukan hal yang berbeda
      Misalnya menawarkan diri untuk menjadi anggota tim dalam proyek baru.

      - Mintalah tantangan baru
      Bila memungkinkan, mintalah tugas-tugas baru yang berbeda, yang jauh lebih menantang.

    Tip penting: Kebosanan bisa berakibat buruk, terutama jika jenis pekerjaan dilakukan berkaitan dengan mesin atau merawat orang. Jika itu terus berlanjut, segera bicarakan kepada atasan. Mintalah tantangan baru atau carilah posisi baru di tempat lain.
  3. Selalu Berpikir Positif
    Belajarlah untuk mencari hikmah dari segala peristiwa yang Anda alami. Misalnya, saat atasan Anda memberi kritik pedas pada hasil kerja Anda, lihatlah itu sebagai tanda Anda perlu mengembangkan diri lebih baik lagi. Selain itu, belajarlah dari kesalahan dan biasakan diri untuk selalu bersyukur atas apa yang Anda dapatkan setiap hari.

    Tip penting: Jadikan situasi sulit dalam pekerjaan Anda sebagai sesuatu yang positif. Dengan begitu, Anda bisa belajar mengelola stres dengan baik dan mensyukuri apa yang sudah Anda dapat.

(PT. Nestlé Indonesia bekerja sama dengan HERS Magazine)

Share artikel ini:

Artikel Terkait