Ubah Gaya Kerja

Apakah Anda merasa tak puas dengan pekerjaan Anda kini? Entah karena pekerjaan yang monoton, kerja yang kerap tidak maksimal, hingga kecilnya potensi promosi, wajar saja bila seseorang merasakan stagnansi di tempat kerja. Pada saat seperti itu, mencari pekerjaan lain kerap menjadi solusi instan yang dipilih oleh banyak orang dengan pemikiran bahwa di tempat kerja yang baru kondisinya akan menjadi lebih baik.

Apakah benar pindah kerja menjadi jalan satu-satunya? Sebenarnya tidak, karena stagnansi yang Anda alami sebenarnya dapat diatasi dengan beberapa perubahan. Yang terutama adalah perubahan sikap dan cara kerja. Ilmuwan terkemuka, Albert Einstein pernah berujar: ”Jangan mengharapkan hasil yang berbeda bila Anda selalu melakukannya dengan cara yang sama”.

Maka sebelum memutuskan untuk mencari pekerjaan lain, mari kita pelajari satu persatu apa saja yang bisa kita ubah dari sikap dan cara kerja kita selama ini:

Cukup antusiaskah Anda?
Antusiasme menerima dan mengerjakan suatu pekerjaan akan membuat Anda terbuka pada hal-hal baru dan bersemangat mengeksplorasi berbagai cara baru untuk mendapatkan hasil maksimal. Menganggap setiap tugas sebagai suatu tantangan untuk mendapatkan hasil terbaik akan membuat Anda bersemangat.

Sudah efektifkah cara Anda bekerja?
Konon, bagian terpenting dari suatu pekerjaan adalah perencanaan. Karena perencanaan menentukan kapan dan dengan cara apa suatu pekerjaan akan dilakukan, kendala yang mungkin dihadapi dan antisipasinya, serta hasil target yang diharapkan. Tanpa perencanaan yang baik, bisa dipastikan pekerjaan Anda tidak akan membuahkan hasil maksimal dan dalam prosesnya Anda mungkin akan terbentur pada kesulitan-kesulitan yang tidak terpikirkan. Kedua hal inilah yang biasanya mendorong rasa tidak puas dan tidak percaya diri.

Pernahkah berinisiatif mencoba cara berbeda?
Bila menggangap tugas adalah sekedar tugas, maka Anda akan cenderung mengerjakannya dengan cara yang sama seperti yang sudah-sudah, tanpa berinisiatif mencoba cara lain. Keterbukaan hati dan pikiran untuk mencoba metode dan cara yang berbeda dalam mengerjakan tugas yang sama mungkin akan membuat Anda terkejut dengan hasilnya. Misalnya, memanfaatkan internet untuk mencari referensi-referensi terbaru dalam bidang kerja Anda, sehingga bisa memberikan usulan tentang teknologi atau software terbaru yang membantu pekerjaan Anda dan rekan-rekan.

Cukup tangguhkah Anda menghadapi tantangan?
Ada kata bijak yang tepat untuk menggambarkan ketangguhan seseorang dalam menghadapi tantangan: “Winner find solution for every problem, Looser find problem for every solution”. Nah, Anda mau jadi winner atau loser? Jika winner adalah pilihan Anda, alih-alih mengeluh setiap kali berhadapan dengan masalah, lebih baik pikirkan apa yang bisa Anda lakukan untuk menyelesaikannya. Lewat upaya pemecahan masalah itulah biasanya Anda akan belajar banyak dan memperkaya kemampuan memecahkan masalah, sehingga tak akan menemui kesulitan bila kelak harus menghadapi masalah yang sama.

Sudah cukup baikkah citra diri yang Anda tampilkan?
Memang tidak tepat menilai seseorang hanya dari penampilannya saja. Namun harus diakui penampilan dan bahasa tubuh Anda, akan sangat menentukan apa pendapat orang lain tentang Anda. Jika Anda ingin terus melesat menaiki anak tangga karier, faktor ini pun perlu mendapat perhatian. Penampilan bukan hanya soal busana rapi, sopan dan sesuai kesempatan, tapi juga bagaimana cara berbicara, sopan-santun, hingga bahasa tubuh yang Anda tampilkan. Bila dalam setiap rapat Anda menunjukkan sikap aktif, sopan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan, serta antusias, tentu atasan akan menilai bahwa Anda serius melakukan pekerjaan Anda dan menyukai bekerja di perusahaan tempat Anda bekerja. Bila sikap ini dikombinasikan dengan hasil kerja yang memang baik, maka Anda akan ”dilirik” sebagai staf yang berpotensi untuk dipromosikan.

Share artikel ini:

Artikel Terkait