Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh dengan Mengurangi Kebiasaan Buruk

Rentan atau tidaknya tubuh  terhadap penyakit sangat dipengaruhi  imunitas tubuh. Beberapa kebiasaan kecil ini rentan mengundang penyakit.

Makan sembarangan

Seringkali keterbatasan waktu karena pekerjaan, membuat Anda kurang memperhatikan asupan makanan. Tak jarang, Anda hanya mengonsumsi makanan yang Anda inginkan atau bahkan terpaksa mengonsumsi makanan yang tersedia tanpa peduli kandungan gizinya. Padahal, pola makan sangat berpengaruh pada kekebalan tubuh. Kalaupun tak memungkinkan bagi Anda untuk mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, pilihlah makanan yang sarat vitamin, mengandung serat, dan rendah lemak.

Malas Bergerak

Tak sedikit orang beranggapan olahraga bukanlah hal yang penting. Padahal, bila  malas menggerakkan tubuh, kita akan membuat sistem imunitas pun ikut malas. Secara tak langsung, pola hidup jarang bergerak dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh, seperti sulit tidur atau bahkan obesitas yang tentunya rentan meningkatkan risiko penyakit dalam tubuh. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa melakukan olahraga secara rutin, selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh tapi dapat juga meningkatkan pelepasan endorphin, hormon alami yang mendongkrak perasaan sehat dan bahagia.

Diet Ketat

Kelebihan berat badan memang akan membuat tubuh berisiko terserang berbagai penyakit, seperti diabetes, gangguan jantung. Namun, tak berarti diet ketat demi menurunkan berat badan dapat dibenarkan. Seringkali, untuk mendapat berat badan ideal, berbagai cara instan menjadi pilihan.

Anda mungkin akan merasa senang saat program diet berhasil, tapi tahukah  Anda bahwa tubuh Anda justru tersiksa karena begitu banyak kehilangan zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Inilah yang akan mengganggu sistem kekebalan tubuh. Begitupun bila Anda berdiet dengan menggunakan obat-obatan tertentu, tak jarang zat-zat yang terkandung dalam obat justru melemahkan dan merusak imunitas tubuh.

Kebiasaan bertengkar

Seringkali bertengkar dianggap sebagai hal yang kurang baik, sehingga banyak orang sebisa mungkin menghindari pertengkaran. Padahal, pertengkaran yang dilakukan secara positif bisa disetarakan dengan olahraga modern lho, karena menyebabkan jantung berdetak lebih kencang, tapi dalam keadaan tetap sehat. Namun, bila pertengkaran yang terjadi sering menyekiti perasaan memang bisa menyebabkan tubuh melemah dan hormon stres  meningkat sehingga virus mudah menyerang.

Rajin Begadang

Pada dasarnya, tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi untuk menjaga metabolisme tubuh. Bahkan seringkali tidur menjadi obat paling ampuh mengatasi penyakit. Sebut saja, saat virus influenza menyerang Anda, tidur yang cukup merupakan obat paling manjur untuk membuat tubuh kembali fit. Secara medis, cukup tidur dapat meningkatkan kekebalan tubuh, karena saat tidur terjadi proses peremajaan  dan pemulihan energi pada tubuh dan otak.

Terlalu Serius

Tekanan dalam pekerjaan dan berbagai masalah yang hadir tak jarang menimbulkan stres dalam diri. Nah, daripada stres lebih baik membiasakan diri untuk berpikir optimis dan tak terlalu serius dalam menghadapi masalah. Dijamin Anda akan lebih bahagia dan lebih cantik dong tentunya.

Kebiasaan merokok dan minum alkohol

Bagi para perokok, merokok tentu menjadi kegiatan nikmat dan penenang pikiran. Tapi tahukah Anda bahwa merokok membuat kekebalan tubuh menurun drastis? Tak hanya berisiko terserang kanker dan penyakit jantung koroner. Tapi, Perokok juga berisiko tinggi terjangkit penyakit infeksi, terutama pada saluran pernafasan. Infeksi pada saluran pernafasan ini dapat mengganggu fungsi selaput lender untuk mengeluarkan kuman atau benda asing yang terhirup.

Sedangkan,  kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol dapat memengaruhi fungsi hati yang memiliki peran penting dalam memelihara system kekebalan tubuh. Percaya deh, air putih selalu menjadi yang terbaik untuk dikonsumsi.

Hal lain yang dapat menurunkan imunitas tubuh:

Makanan mentah

Siapa yang tak suka menikmati lezatnya hidangan sushi? Eits, tapi hati-hati lho terlalu banyak mengonsumsi makanan mentah seperti sushi, sashimi, kerang oyster, tartar beef, dan sejenisnya tak baik untuk tubuh. Pasalnya, makanan-makanan tersebut tak 100% aman, karena makanan yang tak dimasak dengan sempurna justru menjadi markas bakteri dan parasit usus. Nah, bakteri tersebutlah yang akan melemahkan sistem imunitas tubuh Anda.

Bahan pengawet

Bahan pengawet, terutama yang mengandung zat nitrat seringkali divonis sebagai perusak kekebalan tubuh. Karena, saat dikonsumsi, nitrat akan berubah menjadi zat nitrosamin di dalam tubuh. Zat inilah yang dapat memicu terjadinya kanker.

Beberapa cara meningkatkan sistem imunitas tubuh:

Perbanyak konsumsi antioksidan

Salah satu produksi dalam tubuh adalah radikal bebas, molekul yang dapat merusak sel lain dalam tubuh. Mengonsumsi antioksidan dapat membantu menetralisasi radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan dalam tubuh. Pola makan kaya vitamin dan nutrisi yang mengandung antioksidan dapat meningkatkan  sistem pertahanan tubuh untuk memerangi infeksi. Agar asupan antioksidan terpenuhi, perbanyaklah konsumsi sayurah hijau dan buah berwarna, seperti berry, jeruk, kiwi, apel, anggur merah, bayam, kangkung, ubi, wortel, dan sebagainya.

Meditasi

Beberapa teknik relaksasi untuk mengurangi stress dapat meningkatkan sistem imunitas dan membantu mengembalikan kesehatan. Sejumlah penelitian menyimpulkan, mereka yang rajin bermeditasi mampu meningkatkan reaksi sistem imunitas tubuhnya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait