Tips Menyimpan Bahan Makanan

Menyimpan Telur
Jika disimpan dalam kemasan karton di salah satu laci di dalam kulkas (bukan di rak telur yang ada di pintu kulkas), telur bisa bertahan selama tiga minggu.

Selai Kacang
Selai kacang yang sudah dibuka tutupnya sebaiknya disimpan di dalam kulkas. Umumnya bisa bertahan hingga 3 bulan.

Sup
Sup bisa bertahan selama 3-4 hari jika disimpan di kulkas. Agar tidak terkena air, tempatkanlah di wadah tertutup.

Daging
Daging bisa bertahan selama 1-2 hari di kulkas.

Ayam Dan Ikan
Ayam yang belum diolah hanya bisa bertahan di kulkas selama 1-2 hari, namun bisa bertahan lebih lama bila disimpan di freezer. Jika Anda mengolahnya terlebih dahulu, ayam bisa bertahan sekitar 3-4 hari. Ikan dan udang, serta bahan makanan laut lainnya juga hanya bisa bertahan selama 1-2 hari saja.

Apel, Jeruk, Dan Pir
Bila apel dan jeruk disimpan di kulkas, di area yang kering, bisa bertahan hingga 3 minggu. Untuk apel bahkan bisa lebih lama lagi. Untuk pir, jika tidak dicuci sebelumnya, bisa bertahan hingga 2 minggu.

Brokoli, Kol, Wortel
Bungkus brokoli dan kol dengan menggunakan pembungkus bahan plastik (plastic wrap) sebelum disimpan di kulkas. Brokoli bisa bertahan hingga 5 hari, dan kol bisa bertahan hingga 2 minggu. Untuk wortel, potong bagian pangkalnya, simpan di dalam kantung plastik dalam keadaan tertutup agar bisa bertahan di kulkas hingga 2 minggu.

Seledri Dan Bayam
Cuci seledri hingga bersih, kemudian simpan di kantung plastik dalam keadaan tertutup agar bisa bertahan hingga 2 minggu di kulkas. Sedangkan bayam, bila disimpan di dalam kantung plastik, bisa bertahan hingga dua hari.

Tomat Dan Pisang
Pisang sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk dan jangan di kulkas agar kulitnya tidak berubah menjadi kecokelatan. Demikian pula dengan tomat, yang  akan terasa lebih enak bila tidak disimpan di kulkas. Tapi, jika sudah terlanjur dipotong, tomat harus segera disimpan di kulkas seperti sayuran lainnya.

Susu Cair
Hindari membeli susu yang memiliki tanggal kadaluarsa dua hingga tiga hari lagi. Saat membelinya di pasar swalayan, pilihlah susu yang berada di deretan belakang rak.

AGAR KULKAS TETAP BERSIH DAN TERAWAT

Tips berikut bisa Anda coba agar kulkas tetap bersih dan terawat:

  • Agar kulkas tidak bau, letakkan satu kotak baking soda di kulkas, dan gantilah setiap tiga bulan sekali.
    Untuk menghilangkan bau tidak sedap, celupkan cotton bud ke ekstrak vanili. Lalu, letakkan cotton bud tadi di sebuah mangkuk, dan simpanlah di dalam kulkas.
  • Letakkan alas gelas di bawah kaleng susu kental manis yang sudah dibuka atau madu agar tumpahannya tidak berceceran di rak kulkas.
    Bersihkan kulkas secara rutin. Pertama, keluarkan seluruh isi kulkas dan keluarkan pula semua laci dan rak di dalam kulkas. Lalu cucilah bagian laci dengan menggunakan campuran baking soda dan air hangat.
  • Rak bisa dicuci dengan campuran air dan sabun cair. Setelah itu, keringkan semuanya, dan mulailah mengelap bagian dalam kulkas dengan menggunakan lap lembut atau spons.
  • Hindari mengisi kulkas terlalu penuh. Ini akan membuat kulkas menjadi tidak dingin. Maksimal pengisian sebaiknya hanya 2/3 kapasitas saja.
  • Jangan memasukkan makanan atau minuman dalam keadaan panas ke dalam kulkas.
  • Letakkan kulkas minimal 15-20 sentimeter dari dinding.
  • Bersihkan bunga es di dalam freezer secara rutin.
  • Hindari penggunaan pisau, kayu, atau benda keras lainnya yang bisa merusak lapisan freezer.
  • Apabila kulkas mati karena aliran listrik terputus, hindari menghidupkannya langsung. Biarkan selama beberapa menit sebelum menghidupkannya kembali.

Teks: Bimala Dewi Irzani (hers Magazine)

Share artikel ini:

Artikel Terkait