Tips Mudah Menjalani Pola Hidup Sehat bersama Keluarga

Membiasakan pola hidup sehat untuk membentuk keluarga sehat memang bukanlah hal yang mudah. Ibu memiliki peran penting dalam hal ini, tetapi dukungan pasangan Ibu juga sangat penting karena membentuk kebiasaan baik bagi keluarga akan lebih mudah jika dilakukan bersama, bukan?

Sebagai contoh, akan sulit menerapkan pola makan sehat untuk si Kecil jika hanya Ibu yang melakukannya. Bayangkan, apabila Ayah tetap mengonsumsi makanan yang kurang sehat, akibatnya si Kecil tidak mendapat contoh yang baik dalam hal pola makan. Nah, bagaimana agar Ibu dan Ayah bisa bersama-sama menjalani pola hidup sehat? Yuk Bu, simak tipsnya berikut ini.

  1. Jika Ayah belum menjalankan pola hidup sehat, jangan memberitahunya dengan sekadar menyuruh dan mengkritik. Cara ini hanya akan berujung pada perdebatan atau membuat salah satu pihak tersinggung. Lakukanlah melalui diskusi yang positif dan santai ya, Bu.
  2. Samakan persepsi mengenai tujuan dari membiasakan pola hidup sehat. Dalam hal ini adalah agar dapat saling mendampingi dan berada di sisi si Kecil selama mungkin dan untuk dapat membentuk keluarga sehat.
  3. Membuat jadwal olahraga bersama-sama memang tidak mudah, apalagi di antara kesibukan Ayah dan Ibu dan juga aktivitas sekolah si Kecil. Ibu dapat menyiasatinya dengan mengajak berolahraga bersama setidaknya seminggu sekali di akhir pekan. Pilihlah olahraga yang dapat dinikmati seluruh anggota keluarga seperti jogging, renang atau bersepeda.
  4. Membuat menu makanan sehat dan belanja bersama. Cara ini dapat membuat seluruh anggota keluarga semakin bersemangat menyantap makanan sehat di rumah.
  5. Melakukan pemeriksaan kesehatan rutin, setidaknya setahun sekali. Melalui pemeriksaan kesehatan, Ibu dapat terus memantau hal-hal yang tidak terlihat langsung oleh mata, misalnya kolesterol, tekanan darah, kesehatan jantung, dan sebagainya. Pemeriksaan ini juga dapat menjadi deteksi awal untuk berbagai penyakit sehingga dapat segera diatasi.

 

Ternyata tidak susah bukan bu untuk memulai pola hidup sehat bersama keluarga. Yuk share artikel ini agar semakin banyak lagi teman dan keluarga Ibu yang mau untuk memulai hidup sehat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait