©shutterstock

3 Langkah Mudah Ajari Si Kecil Mengikat Sepatu

Mengajari si Kecil untuk mengikat sepatu terkadang menjadi salah satu tugas yang membuat orang tua menjadi frustasi. Memang, Anda bisa memilih untuk membelikannya sepatu tanpa tali, tapi akan tiba pada suatu titik dimana kemampuan membentuk simpul sederhana dibutuhkan.

Ada 3 langkah mudah untuk mengajari anak cara mengikat sepatu yang baik dan cepat.

Minta si Kecil untuk Duduk Tenang

Untuk langkah pertama, minta si Kecil untuk duduk di lantai dengan sepatu yang belum terikat. Pastikan tali sepatu yang digunakan tidak terlalu tipis untuk memudahkannya memegang dan mengikat sepatu. Selain itu biarkan lubang teratas bebas dari tali agar tali tidak menjadi terlalu pendek.

Metode Kuping Kelinci

Metode Kuping Kelinci adalah cara paling mudah dan cepat untuk dikuasai anak-anak. Pertama-tama ajarkan untuk membuat bentuk X dengan 2 tali. Tarik tali kanan melalui tengah-tengah X dan tarik dengan kencang. Buat 2 telinga kelinci dengan masing-masing tali lalu ikat bersama-sama. Untuk simpul yang lebih kuat, ikat telinga kelinci sekali lagi. Mungkin si Kecil tidak langsung memahami caranya pada percobaan pertama, kedua, bahkan kedua puluh kalinya. Bertahanlah dan ajari dengan sabar. Mengikat sepatu memang membutuhkan ketepatan dan kemampuan motorik halus yang sulit bagi kebanyakan anak. Untuk mengasahnya, berikan kegiatan yang menitik beratkan pada otot-otot di tangan dan jari-jari si Kecil.

Berlatih Terus

Jika si Kecil mengalami kesulitan saat mencoba mengikat tali sepatunya, ajarkan menggunakan media yang lebih besar, seperti membentuk ikatan pita dengan menggunakan jumping rope di bawah kaki. Setelah mahir melakukannya dalam skala besar, biarkan dia mencoba menggunakan tali sepatu. Puji anak untuk hasil kerja kerasnya dan buat waktu belajar jadi menyenangkan, misalnya dengan memutar musik atau buat irama sendiri untuk memudahkan mengingat cara-cara mengikat tali sepatu. Batasi juga waktu latihan mengikat tali maksimal 20 menit, agar tidak merasa bosan dan tertekan.

Cukup mudah kan mengajarkan si Kecil cara-cara mengikatkan sepatunya sendiri. Semoga tips-tips di atas membantu ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait