@shutterstock

4 Alasan Perlunya Kenapa Orang Tua Perlu Memberi Uang Saku Untuk Si Kecil

Menyiapkan makan pagi sudah, si kecil pun juga sudah siap untuk sarapan dan berangkat ke sekolah. Adakah yang masih ketinggalan? Uang saku. Tepat sekali, selain bekal makan siang uang saku adalah bekal yang harus diterima oleh si kecil. Selain memudahkan dirinya untuk membeli sesuatu, hal ini juga untuk membiasakan dirinya untuk memanfaatkan uang sebagai sarana jual beli yang sah.

Adapun alasan perlunya kenapa orang tua perlu memberikan uang saku kepada anak sebagai berikut.

Melatih anak terampil mengambil keputusan
Uang saku yang Anda berikan kepada si kecil dapat menuntunnya ke arah keterampilan dalam pengambilan keputusan. Dia akan memutuskan berapa banyak yang akan dikeluarkan untuk membayar setiap barang yang diinginkan. Berikan edukasi penggunaan uang yang tepat. Anda dapat memberikan uang secukupnya dan tak akan menambahkan jika habis. Dari sini si kecil akan memutuskan penggunaan uang saku ini secara tepat biar tidak cepat habis.

Mendidik anak gemar menabung
Manfaat lain dari uang saku yang Anda berikan kepada si kecil adalah bisa membuatnya membiasakan diri untuk gemar menabung. Anak-anak sangat suka sekali mengumpulkan uang koin. Berikan beberapa koin dalam uang sakunya. Walau begitu, Anda dapat memberikan edukasi lebih lanjut tentang manfaat tabungan di masa depan. Beri pengertian bahwa memang Sekarang disimpan, namun kelak si kecil dapat memanfaatkannya untuk membeli sesuatu yang dia inginkan.

Membuat anak mandiri
Kadang ada orang tua yang tak membiarkan anaknya membeli sesuatu sendiri dan lebih memilih langsung memberikan barang yang diinginkan oleh si kecil. Padahal hal ini tak selamanya baik buatnya. Memberikan uang saku kepada anak akan melatihnya lebih mandiri. Si kecil dapat langsung berinteraksi dengan para penjual dan memberikan pemahaman tentang penggunaan uang yang benar, termasuk ilmu hitung.

Menambahkan pengalaman
Bermula dari uang saku si kecil akhirnya menjadi sosok yang mandiri. Beragam pengalaman dia peroleh selama dia melakukan proses pembelian. Dia bisa mengenal banyak penjual, mendapatkan banyak referensi seputar makanan baru, menambahkan keakraban dengan teman karena bisa membeli jajan bersama-sama. Hal yang paling penting dari penggunaan uang saku adalah mengaplikasikan ilmu matematika anak-anak, seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian sampai perkalian. Tak hanya menambah wawasannya, pengalaman si kecil tentang kehidupan sosial pun terus bertambah.

Itu dia alasan pentingnya memberikan uang saku kepada anak-anak. Namun begitu, jangan sampai berlebihan agar anak tidak menjadi kecanduan dengan uang alias materialistik.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait