5 Cara Mendidik Anak Jadi Mandiri dan Tidak Manja

Setiap orangtua tentu tidak ingin anaknya kelak menjadi manja, tidak mandiri dan akhirnya bergantung pada orang lain. Tetapi terkadang, kebiasaan Ibu saat mengasuh anak tanpa disadari justru bisa membuatnya manja.

Jangan selalu membantu

Ini mungkin sulit dilakukan. Tetapi Ibu harus sejak awal mengidentifikasi mana kegiatan anak yang perlu dibantu, dan mana yang bisa dilepas sendiri. Biarkan saja anak makan sendiri (walau berantakan dan mengotori lantai) dan cukup pantau dari jauh. Tentu kasusnya berbeda jika anak sedang memerlukan pertolongan orang dewasa seperti memotong kertas untuk prakarya, dan sejenisnya. Ibu wajib membantu.

Tegakkan peraturan

Anak perlu belajar mengenai peraturan (dan mematuhinya) sejak kecil. Apa pun peraturannya, hal yang lebih penting adalah penegakannya. Kalau hari ini Ibu melarang si kecil minum air dingin karena dia sedang batuk, maka seterusnya harus konsisten. Jangan karena besok dia merengek, lalu dibolehkan. Pesan yang ditangkap anak nantinya adalah “Peraturan bisa berubah.” Sedangkan jika Ibu konsisten, anak akan belajar menghargai peraturan, bekerja sama, dan memiliki kontrol diri.

Baca Juga : Penyebab Anak Menjadi Manja

Berikan uang saku secara reguler

Penulis kolom keuangan pribadi New York Times, Ron Lieber, punya nasihat bagi para orangtua yang ingin membesarkan anak pintar, dan cerdas keuangan. Salah satu sarannya, adalah memberi uang jajan teratur.

Frekuensinya terserah. Bisa tiap minggu atau tiap bulan, dan bisa ada kenaikan saat anak berulangtahun. Tetapi jangan jadikan uang saku sebagai “upah” karena mereka telah melakukan sesuatu atau tugas rumah. Fungsi uang saku adalah sebagai “uang latihan” agar anak Ibu dapat belajar mengelola uangnya sendiri.

Simpan uang anak di tempat yang terlihat

Untuk tempat menabung, Ron Lieber menyarankan penggunaan toples bening ketimbang celengan ayam atau kaleng. Alasannya agar anak dapat melihat uang mereka sendiri, dan juga mengamati pertambahan uangnya itu dari hari ke hari sehingga mereka makin termotivasi menabung.

Biarkan mereka membeli sesuatu

Ron Lieber juga menyarankan agar orangtua jangan selalu menyuruh anak berhemat atau menabung. Sesekali, biarkanlah mereka membeli sesuatu dengan uangnya itu – dan saat itu Ibu bisa mengajarkan anak mengenai perbedaan antara membeli sesuatu karena “perlu” dan karena “ingin”.

Selamat mencoba ya, bu!

Share artikel ini:

Artikel Terkait