5 Ide Permainan untuk Anak SD agar Tidak Bosan di Rumah

Si Kecil yang sudah memasuki usia sekolah dasar tentu sedang sangat aktif bergerak dan bersosialisasi. Dan ini adalah hal yang baik, mengingat bahwa untuk tumbuh sehat, selain membutuhkan asupan gizi seimbang, si Kecil juga perlu aktif bergerak setiap harinya. Bingung mau mengajak si Kecil bermain apa? Yuk, lihat beberapa ide permainan untuk anak SD saat di rumah berikut ini.

 

1. Tirukan Tarianku

Si Kecil usia SD, baik anak perempuan maupun laki-laki, pasti akan langsung asyik bergerak dan menari jika mendengar lagu gembira favoritnya. Nah, ayo ajak si Kecil dan seluruh anggota keluarga menari diiringi musik bersama-sama. Si Kecil dapat memimpin tarian dan anggota keluarga lainnya mengikuti dan kemudian bergiliran memimpin tarian dengan yang lain. Tubuh aktif bergerak sekaligus bisa bersenang-senang bersama.

 

2. Duduk Berdiri

Jika sedang di rumah saja baik Ayah, Ibu maupun si Kecil tentu senang menonton televisi, menonton film, atau main game. Semuanya aktivitas yang membuat kita lebih banyak diam dan duduk. Yuk coba bermain ‘Duduk Berdiri’ bersama-sama. Permainan ini sederhana saja, kok. Ayah, Ibu dan si Kecil bisa menonton telivisi atau film bersama dan memilih satu atau dua kata. Setiap kali tokoh di televisi atau film menyebutkan kata tersebut maka penonton harus cepat-cepat berdiri. Yang paling dulu berdiri adalah pemenangnya!

 

3. Tangkap Ekorku

Salah satu permainan untuk anak SD yang paling umum adalah bermain kejar-kejaran, bukan? Ibu juga bisa megajak si Kecil main kejar-kejaran dengan sedikit modifikasi supaya semakin seru. Pasangkan sehelai serbet atau handuk kecil di bagian belakang celana si Kecil sehingga menyerupai ekor. Pemain lainnya bertugas mengangkap ekor tersebut. Jika ekor sudah berhasil ditangkap, pemain bisa bergantian mengenakan ekor tadi. Tentua untuk memainkan permainan ini Ibu perlu memastikan situasi rumah cukup aman sehingga si Kecil tak sampai menabrak perabot atau tersandung. Permainan ini juga bisa dimainkan di halaman belakang jika memang ruangnya memungkinkan. Selalu awasi si Kecil saat bermain ya, Bu.

 

4. Berburu Harta Karun

Permainan untuk anak SD yang satu ini pasti disukai si Kecil. Apalagi jika Ibu bisa menyiapkan ‘harta karun’ seru yang menarik bagi anak. Misalnya sekotak camilan, buku cerita baru, dan lain sebagainya. Permainan ini bisa dimainkan dengan berbagai cara. Mislanya Ibu membuat peta bergambar denah rumah yang bisa diikuti si Kecil menuju kotak harta karun. Cara lain adalah membuat petunjuk atau teka-teki di kertas kecil yang akan menunjukkan pada si Kecil lokasi petunjuk berikutnya sampai akhirnya si Kecil bisa menemukan harta karun. SI Kecil pasti langsung asyik bergerak menjelajah rumah sambil berpetualang mencari harta karun.

 

5. Yoga Anak-anak

Siapa bilang yoga tidak bisa jadi pilihan permainan untuk anak SD yang sekaligus membuat si Kecil aktif bergerak? Yoga untuk anak-anak dapat dibuat seperti sambil bercerita dimana Ibu kemudian menyisipkan gerakan-gerakan yoga sambil mendramatisasikan cerita yang disampaikan. Misalnya cerita dimana ada pohon ajaib dan Ibu mengajak si Kecil menjadi pohon sambil melakukan pose pohon dalam yoga. Tanpa disadari si Kecil sudah bergerak melatih fleksibilitas, koordinasi, dan kekuatan tubuhnya.

Walaupun ditujukan sebagai permainan untuk anak SD, tetapi semua aktivitas di atas juga bisa dilakukan oleh orang dewasa, lho. Si Kecil tentu makin gembira karena bisa bermain bersama anggota keluarga lainnya dan sekaligus semua juga jadi ikut aktif bergerak.

 

 

 

Sumber:

https://www.nestle.com/stories/family-home-exercise-kids-games-children-sport-indoors

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait