5 Kebiasaan Keliru Dalam Menggosok Gigi

Sudahkah menggosok gigi hari ini? Kegiatan membersihkan gigi ini memang sangat perlu dilakukan secara rutin. Selain bisa menjaga gigi tetap bersih juga menghindarkan gigi dari risiko kerusakan dan gangguan kuman penyakit. Namun begitu, teknik menggosok gigi yang salah juga tak menutup kemungkinan membuat gigi mengalami gangguan walau sering dilakukan setiap hari.

Apa saja kebiasaan yang keliru saat menggosok gigi tersebut?

Ukuran sikat gigi

Walau hanya sebatas sikat gigi, pemilihan sesuai dengan lebar mulut seharusnya juga diperhatikan. Ukuran sikat gigi yang tak sesuai membuat proses menggosok gigi menjadi kurang optimal. Jika terlalu besar kurang bisa menjangkau bagian dalam dan justru menimbulkan luka. Sebaliknya jika terlalu kecil kurang bisa membersihkan sela gigi lantaran bulu sikatnya terlampau pendek.

Kebersihan sikat gigi

Hal lain yang perlu diperhatikan dari sikat gigi adalah kebersihannya. Letakkan sikat gigi di tempat yang aman dan tidak basah. Sebab, bisa dengan mudah dijadikan sarang bakteri. Bisa dibayangkan bagaimana bakteri tersebut akan berpindah ke mulut saat digunakan untuk menggosok gigi. Pilihlah sikat gigi yang ada penutupnya dan gantung di tempat yang kering.

Pasta gigi yang sesuai

Pilihlah pasta gigi yang sesuai dengan jenis gigi Anda. Bila termasuk gigi yang sensitif maka silahkan memilih pasta gigi yang bisa membantu mengurangi sensitivitas enamel gigi. Pemilihan pasta gigi yang kurang sesuai dapat membuat proses gosok gigi kurang maksimal.

Arah gosok gigi

Kesalahan ini paling sering terjadi. Padahal, masing-masing gigi perlu digosok dengan arah yang berbeda. Gigi geraham yang ada di bagian belakang lakukan gosok gigi dengan arah kiri-kanan maupun memutar. Sementara untuk bagian depan lakukan dengan arah ke atas dan ke bawah. Sedangkan bagian dalam dan permukaan gigi dapat digosok dengan arah maju-mundur.

Melupakan  mouthwash

Kadang meski sudah rutin menggosok gigi, bau mulut dan gangguan lainnya seperti sakit gigi masih sering terjadi. Hal ini karena masih ada bakteri maupun sisa makanan yang terselip, sehingga mudah sekali untuk diuraikan. Walhasil, bau mulut muncul dan gangguan pada gigi bermunculan.

Demi hasil terbaik, lakukan gosok gigi sesuai teknik yang tepat dan akhiri dengan mouthwash. Semoga berhasil.

Share artikel ini:

Artikel Terkait